FLPK Adakan Pengobatan Gratis

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami saat menghadiri bakti sosial yang dilaksanakan Forum Lintas Profesi Kesehatan Wilayah VI Pajampangan, kamis (5/3).

SUKABUMI — Wujudkan derajat kesehatan masyarakat, Forum Lintas Profesi Kesehatan (FLPK) wilayah VI Pajampangan, menggelar bakti sosial di Cibarehong, Kelurahan/Kecamatan Surade, kamis (5/6).

Kegiatan forum dari profesi dokter, perawat, bidan, apoteker, analis dan kesling ini, memberikan pengobatan massal untuk 200 orang, khitanan massal bagi 50 orang, iva test 50 orang.

Bacaan Lainnya

“Selain itu, ada juga pemeriksaan kesehatan golongan darah sebanyak 500 orang, gula 200 dan kolestrol 200 orang. Kita juga akan melaksanakan fogging di wilayah Surade,” kata Ketua FLPK Kabupaten Sukabumi, Masykur Alawi kepada Radar Sukabumi, kamis (5/3).

Lanjut Masykur, kegitan ini selain sebagai bentuk kepedulian FKPK juga untuk menyatukan insan profesi kesehatan agar lebih solid lagi dalam berkontribusi untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat. “Mudah-mudahan layanan kesehatan semakin optimal dirasakan oleh masyarakat dengan kolaborasi dan sinergitas lintas profesi kesehatan 1ini,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengatakan, FKPK ini sangat luar biasa, apalagi di tengah kompleksitas pembangunan kesehatan, perlu penanganan terpadu dari seluruh komponen. “Kegiatan ini bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di wilayah selatan,” paparnya.

Menurutnya, kolaborasi antar profesi harus diperkuat karena perlu penanganan terpadu dalam melayani masyarakat. “Perlu kerjasama antar profesi kesehatan dalam memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat sehingga persoalan dapat semakin mudah teratasi,” ucapnya.

Marwan meminta, persoalan seperti corona damapat disikapi bersama. Dalam hal ini, selalu membiasakan hidup bersih dan sehat. “Kita diberikan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai obat herbal. Bisa menjaga tubuh dengan minum jahe, kunyit, hingga temulawak. Bahkan kita bisa tes secara langsung kondisi air yang digunakan,” ungkapnya.

Di tempat sama, Camat Surade, Utang Supratman menambahkan, keberadaan FLPK wilayah VI Pajampangan tersebut harus bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. “Permasalahan kesehatan merupakan tugas semua elemen, mari sama-sama meningkatkan derajat kesehatan,” tambahnya.

Terdapat empat faktor yang memengaruhi kesehatan, mulai dari lingkungan, perilaku, peran pemerintah dan gen.

“Ahamdulillah di wilyah Surade ini sudah dilaksanakan bersih-bersih, bahkan pemerintah sudah membantu menyediakan fasilitas kesehatan. Termasuk membantu masyarakat pra sejahtera. Makanya agenda bakti sosial ini sangat baik dan semoga bisa terus dilaksanakan,” pungkasnya. (bam/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *