FKUB Kota Manado Kunjungi Sukabumi

  • Whatsapp
Penandatanganan Mou penerapan moderasi beragama antara FKUB Kota Manado, FKUB Kabupaten Sukabumi dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi di Gdung Pendopo Kabupaten Sukabumi.

SUKABUMI- Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) Kota Manado melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sukabumi. Kunjungan kerja dilakukan untuk kajian komparatif tentang kerukunan umat di kabupaten terluas kedua se pulau jawa-bali ini.

Ketua FKUB Kota Manado, Pendeta Renata T Ticonuwu mengungkapkan, kedatanganya bermaksud melakukan studi banding mengenai kerukunan umat beragama di Kabupaten Sukabumi dan belajar bagaimana saling menghargai kerukunan antar umat beragama.

Bacaan Lainnya

“Kami mengapresiasi pemerintah kabupaten sukabumi dan FKUB Kabupaten Sukabumi yang telah menerimanya dengan baik, kami ke sini untuk belajar agar memperkuat kerukunan antar ummat beragama,” terangya kepada wartawan, Kamis (15/4/2021).

Menurut Pendeta Renata, Pemkab Sukabumi dinilai mampu menjaga kerukunan antar umat beragama demikian juga di kota manado sejauh ini dapat menjaga hubungan baik umat beragama dan tidak terjadi hal-hal yang bisa mengganggu kerukunan.

“Awalnya saya berbangga, ketika di manado mayoritas non muslim tapi tetap rukun. Rupanya di kabupaten Sukabumi kebalikannya, walaupun non muslim menjadi minoritas tetapi hingga saat ini amat rukun,” sebutnya.

Dirinya juga melihat bawha Kabupaten Sukabumi merupakan suatu wilayah yang berhasil merawat toleranasi dan kerukunan antar ummat beragama. Bahkan, rupanya berbagai program yang telah dilakukan oleh FKUB Kabupaten Sukabumi telah cukup berhasil.

“Sebenarnya, beban jika kami tidak datang ke Sukabumi ini, karena sekitar setahun yang lalu justru kami yang didatangi. jadi, ini adalah kunjungan balasan kami sekaligus membuat nota kerjasama moderenisasi agama dengan FKUB Kabupaten Sukabumi,” tutupnya.

Ditempat yang sama, Ketua FKUB Kabupaten Sukabumi, Daden Sukendar menambahkan, pihakya berterimakasih kepada FKUB Kota Manado yang telah berkujung. Menurutnya, kedatangannya ini merupakan anugrah dari Allah SWT pada bulan ramadan.

“Awalnya saya tidak menyangka, manado yang telah menyandang kota toleransi ketiga di Indonesia ini mau datang ke Kabupaten Sukabumi, dan suatu kehormatan bagi kami. Terkait dengan nota kesepakatan dan kerjasama terkait modernisasi agama, pihakya berharap dapat meningkatkan kerukunan,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri menambahkan, kerukunan umat beragama merupakan salah satu modal dasar untuk merealisasikan suksesnya pembangunan dan memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. kamudian, menerapkan nilai nilai beragama sesungguhnya merupakan kunci terciptanya toleransi dan kerukunan, baik ditingkat lokal, nasional maupun global, sebab nilai nilai tersebut merupakan kebajikan yang mendorong terciptanya harmoni sosial dan keseimbangan dalam kehidupan personal keluarga dan masyarakat.

“Melalui kunjungan kerja ini,saya harapkan dapat menjadi sarana yang tepat untuk bertukar informasi, wawasan dan pengalaman dalam mengelola kerukunan umat beragama termasuk dalam memberikan layanan dan fasilitas kegiatan Forum Kerukunan Umat Beragama,saya menyambut baik kunjungan kerja ini.

Apalagi didalamnya ada Mou penerapan moderasi beragam untuk menjaga kerukunan umat beragama di masing masing daerah melalui sinergitas informasi dan data pendukung dalam penerapan moderasi beragama,semua itu dilakukan untuk merawat kerukunan serta bersama sama mencegah serta melawan radikalisme dan terorisme” pungkasnya. (upi)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *