Bebas ODF, Desa Panumbangan Jadi Pilot Project

  • Whatsapp
Desa Panumbangan
Tim verifikasi dari Provinsi Jawa Barat di dampingi tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, saat melakukan verifikasi ODF di Desa Panumbangan, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi pada Jumat (11/06).

SUKABUMI – Tim verifikasi dari Provinsi Jawa Barat didampingi tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi melakukan kegiatan verifikasi Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan di kantor Desa Panumbangan, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi pada Jumat (11/06).

Kepala Desa Panumbangan Lalan Jaelani kepada Radar Sukabumi mengatakan, tim verivikasi dari Provinsi Jawa Barat bersama tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi ini, sengaja melakukan verifikasi ke wilayah Desa Panumbangan, Kecamatan Jampangtengah. Lantaran, wilayah desa yang tengah dipimpinnya tersebut, telah berhasil bebas dari ODF atau buang air besar sembarangan.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah, Desa Panumbangan kini telah dijadikan sample mengenai ODF di wilayah Kecamatan Jampangtengah,” kata Lalan kepada Radar Sukabumi pada Jumat (11/06).

Kegiatan verifikasi tersebut, sambung Lalan, sangat penting dilakukan untuk meminimalisir agar seluruh masayarakat Desa Panumbangan, Kecamatan Jampangtengah, tidak sampai melakukan buang air besar sembarangan. Untuk itu, di wilayah desa tersebut sejak dari tahun 2017 telah membuat terobosan baru dengan nama arisan jamban. “Nah, arisan jamban ini telah dikelola oleh kader Posyandu dan hingga saat ini sudah terbangun jamban sebanyak 11 KK,” ujarnya.

Meski demikian, dirinya mengaku terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada warga agar senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Salah satunya, melarang warga untuk melakukab buang air besar sembarangan. Karena, hal tersebut dapat berdampak buruk baik terhadap keasrian lingkungan maupun terhadap kesehatan penduduk.

“Alhamdullilah, kesadaran warga di Desa Panumbangan cukup baik dalam pola hidup bersih dan sehat. Bahkan, jiwa dan semangat gotong royongnya pun dapat diketahui oleh semua pihak. Iya, salah satunya dengan membangun belasan jamban melalui arisan jamban warga Desa Panumbangan,” pungkasnya. (Den/d)

Pos terkait