Cuaca di Sukabumi Sedang Tidak Baik-baik Saja

Puting-Beliung-Cibuntu-Sukabumi
Pusaran angin puting beliung di perairan Kampung Cibuntu, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi yang terekam dalam video warga terlihat begitu mengerikan.

SUKABUMI – Kondisi cuaca di Sukabumi sedang tidak baik-baik saja. Kemarin (9/6), viral sebuah video yang beredar di media sosial dan perpesanan aplikasi menunjukan puasaran angin di perairan Kampung Cibuntu, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

Beredarnya dua video peristiwa puting beliung tersebut membuat heboh masyarakat. Dalam video berdurasi 1:14 detik dan 0:12 detik ini direkam dengan suara seorang pria. “Puting beliung berada di belakang rumah Loji Cibutun, Subhanallah,” ujar seseorang dalam video tersebut.

Bacaan Lainnya

“Masya Allah, meni badag, katengah ituna, cai lautna ka sedot (cukup besar itu, air laut sampai ikut naik). Subhanallah, ini terjadi tanggal 8, hari Rabu sekitar jam tiga pantai Loji Cibutun, angin puting beliung,” lanjutnya.

Sementara Kepala Desa Loji, Papang Suherlan saat dikonfirmasi Radar Sukabumi melalui sambungan selular membenarkan adanya peristiwa angin puting beliung.

Namun, bersarkan hasil penelusuran dan informasi dilapangan, adanya peristiwa angin puting beliung tersebut tidak berdampak terhadap fasilitas ataupun rumah masyarakat.

“Benar (ada puting beliung). Tapi gak ada apa-apa. Soalnya itu di laut di sekitar Cibutun ke tengah. Iya itu masuknya perbatasan Desa Loji dan Sangrawayang,” ungkapnya kepada Radar Sukabumi.

“Kejadian kemarin sore (Rabu), setelah hujan deras. Alhamdulillah gak ada dampak, karena gak sampai ke rumah warga. Itu ketengah laut angin puting beliungnya,” pungkasnya.

Sementara itu, angin puting beliung disertai hujan deras juga terjadi di Kampung Pasir Turaes dan Kampung Sirna Galih, Desa/Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi. Akibat bencana tersebut, satu rumah warga rusak berat dan empat rumah lainnya rusak ringan.

“Awal terjadi tiba-tiba datang angin puting beliung di sertai hujan deras sekitar pukul 17.00 WIB. Tafsiran kerugian akibat bencana itu masih dalam perhitungan,” ujar Manajer Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Nanang Sudrajat.

Nanang menegaskan, pasca kejadian dan asasment langsung berkoordinasi dengan berbagai pihak dan memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada menghadapai cuaca yang tidak menentu. (cr2/ris/radar sukabumi).

Puting-Beliung-Cibuntu-Sukabumi
Pusaran angin puting beliung di perairan Kampung Cibuntu, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi yang terekam dalam video warga terlihat begitu mengerikan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan