TPT Cicurug Sukabumi Ambruk, Akses ke Perum BCA Tertutup

  • Whatsapp
Tembok Penahan Tebing (TPT) di Perumahan Bukit Citra Asri (BCA), Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi longsor akibat diguyur hujan.

CICURUG– Tembok Penahan Tebing (TPT) di Perumahan Bukit Citra Asri (BCA), Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi mengalami longsor akibat diguyur hujan. Dampaknya, untuk sementara akses ke perumahan tersebut ditutup.

Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, longsor TPT dengan tinggi 12 meter dan lebar 47 meter tersebut terjadi sekitar pukul 14:30 WIB, TPT itu ambruk setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Mekarsari Kecamatan Cicurug Iwan Ridwan mengungkapkan, ambruknya TPT tersebut terjadi setelah hujan lebat mengguyur. Akibatnya, material longsoran menutupi akses ke kawasan perumahan dan ditutup sementara karena membahayakan.

“Iya betul, terjadi setelah hujan lebat, diperkirakan TPT tidak kuat menahan material tanah yang diguyur hujan, sementara untuk keamanan warga di lingkungan perumahan akses di tutup,” terangnya, Selasa (12/1/2021).

TPT setinggi 12 meter dengan panjang 47 meter tersebut diperkirakan menelan kerugian kurang lebih sebesar 94 juta rupiah. Baiknya, tidak ada korban jiwa dan luka dalam peristiwa itu.

“Alhamdulilah, tidak ada korban jiwa atau luka, saat TPT ambruk tidak ada warga yang melintas karna memang hujan amat deras,” sebutnya.

Selain itu, akibat longsor tersebut tiga rumah milik warga terancam. Pemerintah desa akan berusaha TPT tersebut segera diperbaiki karena jika dibiarkan dapat membahayakan.

“Nanti kita akan upayakan secepat mungkin, karena demi keselamatan rumah warga, serta pengguna jalan,” ujarnya.

Untuk evakuasi material longsoran, pemerintah desa telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Sukabumi. Karena jika menggunakan alat manual akan memakan waktu yang cukup lama.

“Kami sudah meminta bantuan alat berat kepada BPBD untuk evakuasi, karena materialnya cukup besar-besar sehinga cukup sulit mengunakan manual,” pungkasnya. (Upi/d)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *