Digeber Hujan Deras, TPT Puskemas Nagrak Runtuh

Petugas gabungan dan warga sekitar saat mengavakuasi reruntuhan TPT yang runtuh di Kampung Cinumpang RT 1/1 Desa Nagrak Utara, Kecamatan Nagrak

NAGRAK – Hujan deras yang mengguyur kawasan Kecamatan Nagrak rupanya mengakibatkan Tembok Penahan Tebing (TPT) Puskesmas Nagrak di Kampung Cinumpang RT 1/1 Desa Nagrak Utara, Kecamatan Nagrak mengalami runtuh. Akibatnya, saluran irigasi pada sungai tertutup material.

Plt Sekretaris BPBD Kota Sukabumi, Anita Mulyani mengungkapkan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15:30 WIB saat hujan deras melanda lokasi tersebut. Pihaknya menduga, TPT yang ambruk tidak kuat menahan pergerakan tanah yang longsor akibat diguyur hujan deras.

Bacaan Lainnya

“TPT sepanjang 15×6 meter runtuh akibat hujan deras, petugas dan unsur terkait telah melakukan penanganan di lokasi kejadian,” kata Anita Mulyani kepada Radar Sukabumi, Jumat (4/12).

Dampak dari longsornya TPT tersebut, selain mengancam bangunan gedung Puskesmas Nagrak, juga sempat menutup aliran irigasi yang lokasinya bertepatan di bawah TPT. Namun, petugas gabungan dan warga sekitar langsung bergotongroyong sehingga aliran air kembali berjalan dengan baik.

“Aliran irigasi sempat terganggu karena material longsoran menutupinya, tetapi warga sekitar bersama petugas langsung melakukan penanganan sehingga kembali normal,” ujarnya.

Dalam peristiwa itu tidaka ada korban jiwa maupun luka, adapun yang dibutuhkan saat ini adalah perbaikan TPT. Anita juga menghimbau, agar masyarakat selalu waspada dan siapsiaga, khususunya yang bermukim dengan sungai dan tebing.

“Untuk perbaikan nanti kita koordinasi dengan berbabagai pihak, masyarakat diminta untuk waspada terutama saat hujan lebat terjadi, selain itu segera laporkan jika ada peristiwa agar penanganan cepat dilakukan,” pungkasnya. (upi/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *