Dandim 0607 Sukabumi Ungkap Penyebab Banjir Bandang Cicurug, Ternyata…

  • Whatsapp
Evakuasi pembersihan puing-puing banjir bandang di Cicurug, Kabupaten Sukabumi. FOTO: LUPI / RADARSUKABUMI

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Inf. Danang Prasetyo Wibowo menyebutkan bahwa penyebab banjir bandang di Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug adalah pecahnya cekungan air terjun Citaman.

Pecahnya cekungan Curug Citaman itu, membuat air mengalir deras ke bawah hingga ke Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug.

Bacaan Lainnya

“Hasil penyisiran sementara yang kami lakukan, penyebab banjir bandang itu adalah pecahnya cekungan Curug Citaman, sehingga air tidak tertampung dan mengalir deras ke bawah,” ungkapnya kepada Radar Sukabumi, Rabu (23/9/2020).

Pecahan cekungan air terjun Citaman yang merupakan bebatuan, lanjut Danang, membuat pohon di sekeliling sungai Citarik tergerus dan terbawa arus hingga ke Kampung Cibuntu.

“Jadi, puing-puing pohon itu tergerus oleh bebatuan dari air terjun Citaman, sehingga pepohonan banyak yang tumbang dan turun ke pemukiman,” ungkapnya.

Sementara tentang dugaan penebangan liar, kata dia lagi, hingga saat ini Kodim masih menyelidikinya. Namun, diluar dari puing-puing pepohonan yang terbawa arus itu tercabut dengan akar-akarnya.

“Ya semnetara ini, pohon yang terbawa arus itu tumbang dengan akar-akarnya, jadi bukan ditebang dengan mesin,” pungkasnya. (upi/rs)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *