Detik-detik Robi Sugara Selamatkan Empat Korban Banjir Bandang Cicurug

  • Whatsapp
Robi Sugara, penyelamat warga yang terseret banjir bandang Cicurug. FOTO: LUPI / RADARSUKABUMI

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Ada kisah heroik di balik bencana alam banjir bandang yang melanda wilayah Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi pada Senin (21/9/2020) kemarin. Adalah Robi Sugara (45), warga sekitar yang berhasil menyelamatkan empat jiwa yang terbawa hanyut oleh derasnya banjir bandang tersebut.

Kepada Radar Sukabumi, Gara sapaan akrab Robi Sugara menceritakan kisahnya menyelamatkan empat jiwa tersebut. Saat itu, pada Senin (21/9/2020) sekitar pukul 15:30 WIB hujan sudah mulai turun. Namun Gara curiga saat dirinya keluar rumah melihat sampah yang terbawa banjir merupakan pepohonan.

Bacaan Lainnya

“Saya saat itu sedang dirumah, memang hujan mulai turun. Setelah cukup lama hujan tidak berhenti, saya keluar rumah melihat situasi. Kemudian, saya mulai curiga melihat material yang bawa aliran banjir yang saat itu masih cukup kecil adalah material kayu,” ungkap Robi kepada Radar Sukabumi, Rabu (23/9/2020).

Setelah kecurigaannya semakin tinggi, pria berbadan tinggi besar itu lantas meminta semua warga siaga. Alhasil, kecurigaannya terjadi, air dengan cukup besar menghantam rumah-rumah warga sekelilingnya.

“Benar saja ternyata, air banjir semakin besar. Saya pun langsung bergegas kejalan, saat itu balok-balok kayu besar mulai menghancurkan rumah-rumah warga,” sebutnya.

Setelah situasi mulai tidak terkendali, Sugara bukan memikirkan keselamatan dirinya. Dirinya malah mengevakuasi warga yang terancam. Saat itu, dirinya melihat sekitar dua orang terbawa arus banjir.

“Tanpa pikir panjang, saya langsung turun ke aliran banjir karena melihat ada warga yang terbawa arus. Ada dua orang, yaitu Eja dan adiknya, setelah anak itu didapatnya, lalu saya minta untuk berpegangan kepada pohon kelapa, kemudian mengevakuasinya ke tempat aman,” terangnya.

Tidak selesai disana, Robi kembali melihat dua warga yang ikut terseret arus banjir, yakni Ibu Obah dan Firli cucu dari ibu Obah. Walhasil, keduanya berhasil terselamatkan oleh Robi berkat keberaniannya.

“Yang terpenting, dalam kondisi seperti itu saya berusaha tenang. Yang ada dalam pikiran saya adalah bagaimana semua warga selamat,” pungkas Robi. (upi/rs)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *