Apdesi Football Club Perkuat Silaturahmi

Puluhan kepala desa di Kabupaten Sukabumi saat foto bersama di Lapang Sepak Bola Bojongringkung, Desa Sasagaran, Kecamatan Kebonpedes.

SUKABUMI — Dalam meningkatkan silaturahmi, puluhan kepala desa yang tergabung dalam wadah Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Sukabumi, menggelar Sepak Bola di Lapang Sepak Bola Bojongringkung, Desa Sasagaran, Kecamatan Kebonpedes.

Ketua Umum DPC Apdesi Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin mengatakan, Apdesi Football Club ini, selain untuk meningkatkan tali silaturahmi, juga untuk membahas terkait pemerintahan desa di masing-masing wilayah.

Bacaan Lainnya

“Selain tournamen sepak bola, kita juga melakukan komunikasi dengan para kepala desa yang berkaitan dengan pemeritnahan desa,” kata Deden kepada Radar Sukabumi, kamis (5/3).

Menurut Deden, komunikasi dengan seluruh kepala desa ini, sangat penting dilakukan untuk membahas soal pemerintah desa. Terlebih lagi, anggaran dari pemerintah pusat yang dikucurkan kepada setiap desa pertahun, jumlahnya cukup fantastis. Mulai dari Rp800 juta sampai Rp1,5 Milyar.

“Untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan, maka dalam silaturahmi ini, kami membahas dan saling berbagai pengalaman dalam pengelolaan dan penggunaan anggaran desa sesuai dengan peruntukan dan aturan yang berlaku,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang diselenggarakan pada 2019 lalu, terdapat 240 kepala desa yang mengikuti pemilihan itu. Namun, dari 240 kepala desa tersebut, sekitar 160 kepala desa yang notabane-nya merupakan wajah baru. Sementara, sisanya merupakan kepala desa atau incumben yang dua periode.

“Artinya, dari 240 kepala desa yang mengikuti Pilkades tahun kemarin, hanya ada 160 kepala desa yang baru terpilih menjadi kepala desa dan baru menjabat sebagai kepala desa. Harapan saya mereka selama menjabat kepala desa dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan peraturan yang berlaku dan profesional,” timpalnya.

Untuk itu, dalam Apdesi Futball Club ini, dijadikan sebagai salah satu bentuk upaya preventif, khususnya untuk hal-hal krusial yang harus diantisipasi ke depannya, terutama bagi kepala desa yang tersandung dengan hukum.

“Pada kegaitan olahraga ini, kita bisa shearing dengan teman-teman kepala desa dan mencari jalan keluaranya. Namun untuk saat ini kita tidak menemukan kendala apapun atau kepala desa yang berurusan dengan hukum,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Jambenenggang, Kecamatan Kebonpedes, Ojang Sopandi mengatakan, Apdesi Football Club ini, merupakan salah satu program Apdesi Kabupaten Sukabumi yang sudah menjadi agenda rutin.

“Setiap satu pekan atau satu bulan sekali, seluruh kepala desa di Kabupaten Sukabumi akan melakukan Apdesi Football Club ini,” katanya. (den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *