Antisipasi DBD, Petugas Gabungan Gegerbitung Asapi Desa Cijurey

Fooging Desa Cijurey
Petugas gabungan saat melakukan fogging di Kampung Manonjaya, RT 008/003, Desa Cijurey, Kecamatan Gegerbitung.

SUKABUMI – Tingginya intensitas curah hujan menyebabkan potensi penyakit menular, seperti Demam Berdarah Dengue (DBD).

Untuk mengantisipasi paparan penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk jenis Aedes Aegypti, petugas gabungan dan warga di Kampung Manonjaya, RT 008/003, Desa Cijurey, Kecamatan Gegerbitung, melakukan pengasapan atau fogging.

Bacaan Lainnya

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kecamatan Gegerbitung, Ofieq kepada Radar Sukabumi mengatakan, pengasapan atau fogging ini, sengaja dilakukan berdasarkan permintaan dari masyarakat setempat, untuk menghindari paparan DBD.

“Meski sampai saat ini, belum ada satu pun warga di kampung tersebut yang terpapar penyakit DBD.

Namun, sebagai salah satu bentuk upaya dini kami bersama petugas dari Puskesmas Gegerbitung dan pemerintah Desa CIjurey melakukan pengasapan.

Ini dilakukan sesuai permohonan warga,” kata Ofieq kepada Radar Sukabumi, Jumat (04/03).

Sekretaris Desa Cijurey Didik mengatakan, untuk memberantas sarang nyamuk jenis Aedes Aegypti, Pemerintah Desa Cijurey bekerjasama dengan petugas Puskesmas setempat dan warga serta petugas lainnya, selain melakukan pengasapan, juga kerap melakukan aksi bersih-bersih untuk mencegah paparan kasus DBD.

“Kami bersama petugas Puskesmas juga terus menggencarkan sosialisasi dan edukasi kepada seluruh warga dan melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan menguras, mengubur dan menutup,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *