Kelurahan Subangjaya Sukabumi Luncurkan Program Pagi Bang Jay

Lurah Subangjaya, Jumyati
Lurah Subangjaya, Jumyati

CIKOLE — Pemerintah Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, bakal segera meluncurkan Pasar Digital Subangjaya (Pagi Bang Jay) untuk mengembangkan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Hal ini, dilakukan untuk kembali mendongkrak ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Lurah Subangjaya, Jumiyati mengatakan, pasar digital yang diberi nama Pagi Bang Jay ini merupakan inovasi untuk memajukan para UMKM agar lebih berkembang khususnya di masa pandemi Covid-19.

“Pasar ini merupakan hasil swadaya dengan tujuan memajukan UMKM tanpa menggunakan anggaran kelurahan,” kata Jumiyanti kepada Radar Sukabumi, Jumat (4/3).

Saat ini, sudah ada sekitar 40 UMKM yang ikut dalam pasar digital tersebut sepertim pedagang busana hingga makanan yang berdomisili di wilayah Kelurahan Subangjaya.

Rencananya, pasar digital ini bakal dipusatkan di sekitar wilayah Perum Taman Asri Ciaul Kota Sukabumi. “Nanti pasar digital ini akan pusatkan di Perum Taman Asri Ciaul karena halamannya cukup luas dan berpotensi menjadi pusat pasar,” ujarnya.

Adapun, lanjut Jumiyati, teknisnya pasar ini menggunakan serba digital dari mulai pembayaran hingga pembelian barang melalui platform media sosial yang akan disedikan.

“Pembayarannya digital kami akan bekerja sama dengan OVO, Shoppepay dan GO Pay hingga Dana. Selain itu pemasaran, kami menyediakan media sosial. Misalnya saja, Instagram yang diberi nama Pagi Bang jay,” paparnya.

Dalam pasar digital, tidak hanya menyediakan wadah berdagang bagi UMKM. Namun, akan melakukan pembinaan untuk mengembangkan bisnis UMKM di Kelurahan Subangjaya.

“Kami akan bekerjasama dengan BJB, nantinya akan ada pelatihan dan pembinaan bagi mereka agar usaha mereka semakin berkembang dan bisa dikenal banyak orang,” pungkasnya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan