7 Orang Narapidana Lapas Warungkiara Dapat Remisi Lebaran Langsung Bebas

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com  – Sebanyak 7 orang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Warungkiara Kabupaten Sukabumi, mendapatkan Remisi Khusus II (RK ll) atau langsung bebas pada Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah 2022 Masehi, Senin (02/05). Sedangkan ratusan lainnya mendapatkan RK l atau pengurangan sebagian.

 

Kapala Lapas Warungkiara, Ahmad Tohari mengatakan dari 1.009 orang warga binaan Lapas Kelas IIB Warungkiara saat ini 754 orang merupakan Narapidana dan 264 orang berstatus Tahanan.

 

“Remisi untuk warga binaan Warungkiara kami usulkan pada 20 April 2022 lalu. Di antaranya 264 orang tahanan tidak berhak diusulkan remisi, 639 narapidana diusulkan remisi, 106 orang tidak diusulkan remisi karena syarat administratif dan substantif,” ujar Tohari kepada Radar Sukabumi.

 

Dari 639 orang yang diusulkan remisi 633 orang telah mendapatkan SK Remisi dan 6 orang narapidana tidak turun SK karena sudah pulang dan mutasi. Adapun yang mendapatkan SK remisi, antara lain 100 orang mendapatkan remisi 15 hari, 404 orang mendapatkan remisi 1 bulan.

“Kemudian yang mendapatkan remisi 1 bulan 15 hari sebanyak 110 orang, lalu 19 orang mendapatkan remisi 2 bulan, dan 7 orang mendapatkan RK II atau langsung bebas. Dari 7 orang itu 5 orang langsung bebas dan 2 orang harus menjalani pidana pengganti denda terlebih dahulu,” paparnya.

Tohari berharap pemberian remisi Idul Fitri ini dapat dijadikan renungan dan motivasi untuk selalu introspeksi diri dan terus berusaha menjadi manusia yang lebih baik.

“Pencapaian hari ini membuktikan mereka mampu mengubah diri menjadi manusia yang lebih baik. Jadilah insan yang taat hukum, berakhlak mulia, dan berbudi luhur, serta berguna bagi pembangunan bangsa,” tandasnya (Ris).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.