32 Pelajar Kabupaten Sukabumi Ikuti Jamnas Kwarcab

Kwartir Cabang Kabupaten Sukabumi
Pembekalan sebelum seleksi Jambore Nasional XI tahun 2022 tingkat Kwartir Cabang Kabupaten Sukabumi.

SUKABUMI – Puluhan pelajar tingkat sekolah menengah pertama (SMP) mengikuti seleksi Jambore Nasional XI tahun 2022 tingkat Kwartir Cabang Kabupaten Sukabumi, di Gedung Olahraga (GOR) Venue Tinju Palabuhanratu.

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Sukabumi, Budianto mengatakan pelajar yang mengikuti seleksi Jambore Nasional sebanyak 32 orang pelajar dari 7 wilayah atau kecamatan.

Bacaan Lainnya

“Jadi ke 32 pelajar ini sebelumnya sudah lolos seleksi di tingkat wilayah. Nanti akan terpilih 8 orang, 8 putra dan 8 putri mewakili Kabupaten Sukabumi mengikuti Jambore Nasional 2022,” ujar Budianto kepada Radar Sukabumi.

Dia menjelaskan, peserta seleksi Jambore Nasional ini diuji terkait dengan pengetahuan kepramukaan dan keterampilannya selama dua hari.

“Mulai dari teknik dasar kepramukaan, pokoknya semua berkitan Pramuka, pengetahuan dan lainnya. Kami optiimis peserta Jambore Nasional dari Kabupaten Sukabumi akan meraih prestasi dan dapat mengharumkan daerah,” tandasnya.

Sementara itu, Waka Bina Muda Korcab, Nandang Suparman mewakili Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi, Mohammad Solihin menambahkan, Jambore Nasional ini merupakan momentum untuk mengukur keberhasailan gerakan pramuka di dalam membentuk larakter.

“Pramuka ini merupakan ekstrakulikuler wajib di sekolah dan segala sesuatu yang tekandung dalam struktur sudah ada dalam panduan ektrakulikuler wajib itu sendiri dan ini momentum yang tepat mengukur keberhasilannya,” paparnya.

Nandang berharap penilaian seleksi Jambore Nasional yang akan dilaksanakan Agustus mendatang objektif dengan item, instrumen yang mengacu kepada nilai-nilai kepramukaan. Dia berharap dengan pengalaman di Jambore Nasional ini bisa menjadi pencerahan bagi gerakan pramuka dan bisa dibawa ke daerah.

“Ini pasti objektif dan kami berharap Sukabumi bisa memberikan warna bagaimana eksistensi gerakan pramuka di Kabupaten Sukabumi yang akan berlaga atau ikut seta di Jambore Nasional,” tandasnya (ris/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.