2018, 37 Ibu Hamil Meninggal

  • Whatsapp

SUKABUMI– Sepanjang tahun 2018, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi mencatat ada 37 kasus ibu hamil meninggal. Angka tersebut, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya mengalami meningkat, pasalnya pada tahun lalu ditemukan sebanyak 42 kasus ibu meninggal saat meninggal.

Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat (KKGM) Dinkes Kabupaten Sukabumi Masykur Alawi, secara framennya kasus ini memang meningkat. Lantaran, pada 2018 ini baru satu semester sudah mencapai 37 kasus ibu yang meninggal. “Dibanding tahun lalu memang meningkat, tetapi kita masih memvalidasi datanya dan nanti kita lihat saja sampai akhir tahun,” Masykur kepada koran ini, Kamis (30/8).

Bacaan Lainnya

Adapun, beberapa paktor penyebab meningkatnya kasus tersebut yakni minimnya kesadaran masyarakat untuk melahirkan di Fasilitas Kesehatan (Faskes). Salah satu contoh, masih banyak yang meliharkan di dukun paraji. Guna meminimalisir AKI, pihaknya akan melibatkan berbagai profesi bukan hanya bidan. Tetapi, juga perawat ikut dilibatkan dalam menangani kasus AKI tersebut.

“Selain itu, kami juga terus melakukan efaluasi puskesmas maupun Faskes yang ada di wilayah. Setelah bidan dan perawat tinggal di desa apakah melaksanakan tugas pokok dan fungsinya atau belum kami akan terua melakukan evaluasi,” ujarnya.

Tak hanya itu, Dinkes juga akan melihat dari sisi Sarana dan Prasarana (Sapras) yang ada disetiap puskesmas dan melakukan peningkatan kompetensi bidan dan perawat. “Sapras yang ada merupakan salah satu pendukung pelayanan terhadap masyarakat sehingga perlu menunjang agar dalam pelayanan lebih maksimal,” paparnya.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *