Camat Ujungjaya Sumedang Gandeng Unpad, Kembangkan Peternakan Domba

Domba

SUMEDANGDemi mengangkat Potensi Masyarakat Ujungnya dibidang Peternakan khususnya ternak Domba, Camat Ujungnya gerak cepat dengan mengajak kerjasama pihak Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang.

Camat Ujungjaya Didin Hermawan mengatakan kerjasama yang dilakukan untuk mengembangkan Budidaya ternak Domba. Terlebih, banyak masyarakat Ujungjaya yang beternak Domba

Bacaan Lainnya

“Dikarenakan dengan beternak Domba dimasa Pandemi Covid-19, sangat praktis dan ekonomis, dan sudah memasyarakat di wilayah desa ujungnya, sehingga sangat cocok untuk dikembangkan,” ujar Camat Ujungjaya Didin Hermawan belum lama ini.

Ia menuturkan, adat kebiasaan memelihara ternak di wilayahnya masih ditingkat skala kecil, jadi kami dorong dengan kerjasama bersama pihak Unpad untuk meningkatkan beternak Domba ke Skala menengah.

“Dimana Otomatis kita juga harus meningkatkan SDM para peternak Domba melalui peningkatan efisiensi biaya produksi dan inovasi produk, sekaligus untuk memperkenalkan potensi budidaya domba kepada masyarakat Desa,” tambahnya.

Untuk mengembangkan hal tersesut, kata Canat, pihaknya sengaja mengundang Tim Kerjasama Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran dan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang untuk berkunjung, meninjau serta membagikan Ilmu Peternakan kepada Kelompok Ternak Sugih Mukti.

Sementara itu, salah seorang Tim Fakultas Peternakan Prof.Dr.Ir. U Hidayat Tanuwiria,M.Si.IPU mengatakan, pihaknya, dari Tim Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran hadir di Ujungjaya atas undangan Camat Ujung jaya guna menginventarisir permasalahan Peternakan di Kelompok Ternak Sugih Mukti.

“Selain itu mencari pemecahannya, yang ditunjang oleh program kerjasama antara Fakultas Peternakan dengan Dinas Peternakan Kabupaten Sumedang. Kehadiran kami ini sekaligus Pengabdian Kepada Masyarakat di Kabupaten Sumedang,” katanya.

Dikatakanya, Potensi peternakan di kecamatan Ujungjaya ini sangat baik, apalagi kalau ditunjang dengan program dari Dinas perikanan dan peternakan kabupaten Sumedang.

“Kita sama-sama bisa sharing masalah peternakan dengan kelompok ternak Sugih Mukti yang di harapkan ke depanya sumberdaya peternak di Kelompok Sugih Mukti akan semakin meningkat,” tutupnya.

Reporter: Toha

Sumber: Radar Sumedang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.