Pemkab Subang Genjot Penyerapan Anggaran Daerah

  • Whatsapp
Wakil Bupati Subang Agus Masykur
Wakil Bupati Subang Agus Masykur saat memimpin briefing staf sekaligus mengikuti Rapat Koordinasi Evaluasi Penyerapan Anggaran Daerah tahun 2021 secara virtual di Ruang Rapat Bupati II, Senin (22/11). (FOTO: M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

SUBANGWakil Bupati Subang, Agus Masykur memimpin briefing staf sekaligus mengikuti Rapat Koordinasi Evaluasi Penyerapan Anggaran Daerah tahun 2021 secara virtual di Ruang Rapat Bupati II. Senin (22/11/2021).

Rakor dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan diikuti Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati secara virtual.

Bacaan Lainnya

Rakor tersebut bertujuan untuk menyatukan langkah dan strategi percepatan realisasi penyerapan anggaran daerah dan menstimulus pertumbuhan ekonomi serta evaluasi realisasi penyerapan anggaran daerah tahun 2021.

Dalam arahanya Mendagri menyampaikan Presiden RI, bahwa percepatan realisasi APBN dan APBD melalui percepatan realisasi belanja pemerintah baik melalui APBD maupun APBN dan mewaspadai resiko perkembangan ekonomi global terhadap perekonomian Indonesia, serta mewaspadai potensi berlanjutnya pandemi yang juga berdampak pada perlambatan ekonomi dunia.

“APBN harus bisa menjadi instrumen untuk menggerakan pertumbuhan dan memperkuat daya tahan ekonomi, serta mengakselerasi daya saing, utamanya daya saing ekspor dan investasi,” ujarnya.

“Dan mendorong realisasi investasi dan menindaklanjuti komitmen investasi agar segera dapat dilaksanakan dan komitmen bersama terhadap pengembangan ekonomi hijau dan transaksi ke energi terbarukan (renewable energy),” tambahnya

Tito juga menyampaikan bahwa Kemendagri mendapat penugasan untuk memonitoring dan mengevaluasi realisasi APBD yang masih rendah.

Di situasi pandemi saat ini pihaknya memahami bahwa pemerintah daerah mengalami kontraksi pendapatan, sehingga tidak sesuai dengan praktek. Realisasi Pendapatan provinsi dan kabupaten kota se Indonesia tahun 2021 mengalami penurunan.

Sementara itu, Wabup Agus Masykur berharap pada tahun anggaran 2021 yang segera berakhir, optimalisasi penyerapan anggaran dan realisasi kegiatan dapat sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Hadir pada kegiatan tersebut Sekda Subang H. Asep Nuroni, para asda, staf ahli, para kepala OPD dan para Kabag lingkup Setda Subang.

Reporter: M Anwar

Sumber: Radar Bandung

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *