Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Bogor, Begini Kata Kapolda Jabar

Kapolda Jabar
Kapolda Jabar Irjen Pol. Akhmad Wiyagus. (foto: Ist/ Humas Pemprov Jabar)

BOGOR – Pada Senin 20 Mei 2024 (kemarin) merupakan Hari Kebangkitan Nasional (HKN) yang ke-116. Peringatan HKN tingkat provinsi Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan di lapangan Paralayang (Puncak), Kabupaten Bogor.

Dilansir dari laman pemrov Jabar dalam gelaran peringatan HKN tersebut, mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kapolda Jabar Irjen Pol. Akhmad Wiyagus.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu Kapolda Jabar, mengatakan bahwa merupakan momen krusial pada dua dekade kedepan menyongsong Indonesia Emas tahun 2045.

“Kita bukan hanya ikut serta dalam kemajuan teknologi yang melesat saat ini, tetapi sudah mengambil bagian dari itu semua untuk menggapai dunia,” ujarnya.

“Hari-hari ini dalam dua dekade kedepan adalah momen yang krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua,” kata dia menambahkan.

Dikatakannya, bahwa embrio kebangkitan Indonesia lahir di tangan kaum muda lebih dari seabad lalu. Oleh karena itu kebangkitan Indonesia kedua saat ini juga sepatutnya diprakarsai oleh kaum muda.

Akhmad Wiyagus, juga menuturkan, di tangan kaum muda terdidik inilah cita-cita kemerdekaan dan kebebasan dirumuskan dan diperjuangkan.

Alam kemerdekaan hanya bisa dicapai jika manusia setara dan bebas. Manusia yang bebas dan setara hanya dimungkinkan jika manusia tersebut terpelajar dan berpendidikan.

“Dari merekalah semangat kebangkitan nasional lahir. Kebangkitan nasional adalah penanda lahirnya zaman baru. Pencetus cara berpikir baru,” ungkapnya.

Lebih lanjut Akhmad Wiyagus menjelaskan, pada era kebangkitan kedua kali ini, kemajuan teknologi menjadi tantangan baru yang lebih menantang untuk dihadapi.

Oleh karena itu, tambahnya, para pelopor kebangkitan kedua ini harus terus mengikuti perkembangan zaman dan berinovasi. “Banyak kesulitan yang berhasil disolusikan oleh teknologi. Adagium di zaman ini jelas, dia yang menguasai teknologi, dia pula yang akan menguasai peradaban,” tuturnya.

“Di titik ini, gambarannya makin jelas. Penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong Indonesia Emas,” sambungnya. (Ron/Hms)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *