Pemprov Jabar

Pemulihan Daerah Aliran Sungai, 25 Juta Pohon Akan Ditanam Th 2020

RADARSUKABUMI.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Emil memulai Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS) tahun 2019 di Jabar dengan menanam 17.150 pohon Blok Caringin Tilu, Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Senin (9/12).

Caringin Tilu merupakan lahan kritis yang masuk Kawasan Bandung Utara (KBU). Gerakan Nasional ini akan menanam 25 juta pohon di lahan kritis seluruh Jabar yang akan dilakukan secara masif pada 2020.

“Jadi, kalau tidak ada halangan awal tahun depan kami akan mencanangkan penanaman 25 juta pohon di seluruh lahan kritis di Jawa Barat, dan (hari ini) kami mulai di KBU,” ujar Emil.

Menurut Emil, alam merupakan mitra (partner) bagi kehidupan manusia di bumi, sementara apabila ada pola pikir yang menyebut bahwa pohon boleh dirusak untuk mendukung kehidupan manusia adalah pemikiran yang keliru.

“Saya amati secara teori filosofi, manusia menganggap alam sebagai pendukung sistem bukan mitra. Jadi, alam boleh dirusak, boleh ditebang untuk eksistensi manusia. Itu pikiran keliru,” katanya.

“Harusnya alam itu mitra yang harus ditanya dulu maunya apa, ditanya dulu inginnya seperti apa,” kata dia.

Loading...

Pohon yang ditanam di Caringin Tilu terdiri dari bibit pohon produktif sebanyak 6.000 pohon dan bibit pohon kayu-kayuan sebanyak 11.150 pohon.(jpnn)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button