Hari Santri 2020 di Jabar: Santri Sehat, Indonesia Kuat

  • Whatsapp

BANDUNG, RADARSUKABUMI.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar peringatan Hari Santri 2020 di halaman Gedung Sate Kota Bandung, Kamis (22/10/2020). Gubernur Jabar Ridwan Kamil bertindak sebagai pimpinan pada upacara bendera.

Dalam kesempatan tersebut, Ridwan Kamil membacakan amanat tertulis dari Menteri Agama RI dalam sambutannya. Adapun tema yang dipiluh adalah Santri Sehat, Indonesia Kuat.

Bacaan Lainnya

“Tema ini diambil terkait ketahanan dan penanggulangan pesantren dalam menghadapi pandemi Covid-19. Dengan kekhasannya, pesantren dinilai mampu menanggulangi dan dan menghadapi pandemi,” kata Ridwan Kamil.

Pria yang karib disapa Kang Emil menyebutkan pesantren bisa dijadikan model dalam upaya penanggulangan Covid-19. Dalam sambutan Menteri Agama itu juga disebutkan pesantren sangat besar kontribusinya kepada bangsa, terutama dalam hal pembentukan generasi berakhlak mulia.

“Oleh karena itu sangat tepat jika tema peringatan hari Santri tahun ini adalah Santri Sehat, Indonesia Kuat,” katanya.

Dalam peringatan hari Santri tingkat Jawa Barat dibacakan juga naskah ‘Resolusi Jihad’ yang menjadi dasar penetapan 22 Oktober sebagai hari Santri. Hal itu terkait peristiwa pertemuan para ulama NU di Surabaya yang menghasilkan resolusi jihad melawan penjajah yang ingin menguasai kembali Indonesia, yang disampaikan pada tanggal 22 Oktober 1945.

Resolusi Jihad ini pula yang menyemengati terjadinya peristiwa 10 November 1945 yang kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan. (pun/izo/rs)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *