Pemkab Bogor Kini Sediakan Perpustakaan Digital

DAPD Kabupaten Bogor
DAPD Kabupaten Bogor

BOGOR – Kabupaten Bogor kini memiliki aplikasi perpustakaan digital yang diberi nama iBogorKab. Perpustakaan digital ini diharapkan membuat kegiatan membaca menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Aplikasi iBogorKab ini diluncurkan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Kabupaten Bogor.

Bacaan Lainnya

Kepala DAPD Kabupaten Bogor, TB. Luthfie Syam mengatakan, iBogorKab merupakan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca ebook atau buku digital.

“Dengan fitur-fitur media sosial, pengunjung dapat terhubung dan berinteraksi dengan pengguna yang lain,” ujar Luthfie.

Tak hanya itu, lewat iBogorKab, pengunjung bisa memberikan memberikan rekomendasi buku yang sedang dibacanya. Dilengkapi juga ulasan buku yang bisa disampaikan serta bisa mendapatkan teman baru.

“Membaca ebook di iBogorKab jadi lebih menyenangkan karena Anda dapat membaca ebook secara online maupun offline,” jelas Luthfie.

Ada beberapa fitur unggulan di iBogorKab. Pertama, Koleksi Buku. Ini adalah fitur yang mengantarkan pengunjung menjelajahi ribuan judul ebook yang ada di iBogorKab. Pilih judul yang Anda inginkan, pinjam dan baca hanya dengan ujung jari Anda.

Kedua, ePustaka. Fitur unggulan iBogorKab yang memungkinkan Anda bergabung menjadi anggota perpustakaan digital dengan koleksi beragam dan menjadikan perpustakaan berada dalam genggaman.

Ketiga, Feed. Fitur ini bisa melihat semua aktifitas pengguna iBogorKab, seperti informasi buku terbaru, buku yang dipinjam pengguna lain dan berbagai aktivitas lainnya.

Keempat, Rak Buku. Fitur ini merupakan rak buku virtual milik pengunjung dimana semua riwayat peminjaman buku tersimpan di dalamnya.

Kelima, eReader. Fitur ini memudahkan Anda membaca ebook di dalam iBogorKab.

Sementara itu, Bupati Bogor Ade Yasin mengaku saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memiliki 199 inovasi, salah satunya adalah iBogorKab.

“Di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Bogor tetap berupaya melayani masyarakat dengan optimal dengan berbagai inovasi yang kami hadirkan. Salah satunya inovasi iBogorKab yang diluncurkan DAPD Kabupaten Bogor,” kata Ade Yasin.

Menurutnya, Pemkab Bogor berkomitmen untuk mendorong dan membangun budaya inovasi melalui kolaborasi dan kompetisi di berbagai sektor.

“Salah satunya dengan kebijakan one institution one innovation (satu institusi satu inovasi) dan one village one innovation (satu desa satu inovasi),” tandasnya.


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *