Orang Sukabumi Harus Tahu, Tak Ada Sekolah di Jabar yang Buka Awal Juli

Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Ft Humas Pemprov Jawa Barat

RADARSUKABUMI.com — Gubernur Jabar Ridwan Kamil memastikan sekolah di wilayahnya belum ada yang akan dibuka dalam waktu dekat atau awal Juli.

“Pak Nadiem Makarim sudah mengumumkan kalau sekolah boleh dibuka di zona hijau. Nah, per hari ini 27 kota dan kabupaten di Jabar belum ada,” ungkap Ridwan Kamil, Selasa (16/6).

Bacaan Lainnya

Emil mengatakan saat ini belum ada daerah di Jabar yang masuk kategori zona hijau. Adapun saat ini baru 17 Kabupaten/Kota yang masuk kategori zona biru.

“Saya berdoa mudah-mudahan dalam evaluasi dua mingguan, kita naik ke hijau dari 17 yang sudah biru. Nah kita juga akan memberikan rapor kepada Gugus Tugas,” ujar Emil.

Menurut Emil, pembukaan sekolah di Jabar kebijakannya harus berbasis kota-kabupaten. Sebab, hal ini berpengaruh terhadap kurikulum belajar siswa.

Kadisdik Jabar Dedi Supandi memastikan pada awal Juli 2020 tidak ada kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dilakukan secara tatap muka.

Sekadar diketahui, Mendikbud Nadiem Makarim memberikan lampu hijau soal boleh dibukanya kembali sekolah yang berada di zona hijau COVID-19.

“Yang di zona hijau, KBM itu mengambil sampel dari tingkat kabupaten, sampai saat ini belum ada yang statusnya hijau,” katanya.

“Jadi di awal Juli nanti belum ada KBM tatap muka, masih kita lakukan tatap daring. Ada beberapa daerah yang hijau, tapi masih tingkat kecamatan, belum ada kabupaten yang masuk zona hijau,” ujar Dedi di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (19/6/2020).

Dedi mengatakan saat ini ada dua Peraturan Gubernur (Pergub) Jabar mengenai KBM di tengah pandemi, di antaranya Pergub mengenai pedoman belajar mengajar di tingkat kota-kabupaten dan Pergub mengenai KBM TA 2020/2021 bagi SMA dan SMK.

“Kedua peraturan itu akan kita selesaikan segera, sebelum belajar mengajar terjadi,” ucap Dedi.

(ral/int/pojokjabar/izo/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan