Libur Waisak Tidak Seperti Lebaran, Tak Ada Penyekatan Warga Bebas Berwisata

  • Whatsapp
Sejumlah kendaraan melewati jalur wilayah Lewo, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (26/5). Foto: ANTARA/HO-Polres Garut

GARUT – Berbeda dengan Lebaran di mana petugas kepolisian melakukan penyekatan sangat ketat, libur Waisak tak terlihat penjagaan. Hal ini dimanfaatkan masyarakat untuk berwisata. Arus kendaraan di jalur selatan Jawa Barat lintas Kabupaten Garut dari arah Bandung menuju objek wisata di Garut maupun daerah lainnya seperti Tasikmalaya dan Pangandaran cukup padat, Rabu (26/5).

Kapolres Garut AKBP Adi Benny Cahyono membenarkan ada peningkatan volume kendaraan saat libur Waisak sehingga membuat jajarannya melakukan pengamanan dan pengaturan lalu lintas di wilayah itu.

Bacaan Lainnya

“Seperti biasa jika hari libur atau tanggal merah arus lalin agak meningkat,” katanya. Menurut dia, arus kendaraan yang melewati Kabupaten Garut dari arah Bandung saat musim libur itu kebanyakan tujuannya ke sejumlah objek wisata. “Banyak kendaraan tujuan tempat wisata,” katanya.

Dia mengatakan belum memberlakukan sistem satu arah untuk mengurai kepadatan arus kendaraan di jalur selatan atau Jalan Raya Garut-Bandung.

Menurutnya kondisi arus lalu lintas masih cukup terkendali, pihaknya akan memberlakukan satu arah apabila arus kendaraan dinilai sangat padat.

“One way (satu arah) diberlakukan jika arus sudah sangat padat,” katanya. Kepadatan arus lalu lintas kendaraan dilaporkan terjadi di wilayah Limbangan, Lewo, dan Malangbong menuju Kabupaten Tasikmalaya.

Selanjutnya arus kendaraan cukup ramai di jalur lintas Kadungora dan Leles menuju Garut Kota. (antara/jpnn)

Pos terkait