Hendar Demokrat : Angro Wisata Cisande Butuh Penataan dan Penambahan Infrastruktur

Hendar Darsono
RESES : Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Demokrat, Hendar Darsono  saat mengadakan reses ke satu masa sidang tahun 2021-2022 di Agro Wisata Cisande Desa Cisande Kecamatan Cicantayan yang dilaksanakan pada Senin (06/12/2021).

SUKABUMI — Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Demokrat, Hendar Darsono kembali melanjutkan masa reses ke satu masa sidang tahun 2021-2022, Kali ini giliran di Agro Wisata Cisande Desa Cisande Kecamatan Cicantayan yang dilaksanakan pada Senin (06/12/2021).

Berdasarkan hasil serap aspirasi tersebut, masyarakat dan tokoh masyarakat setempat meminta untuk penataan dan penambahan Infrastruktur destinasi Wisata, Mulai dari penambahan fasilitas sarana dan prasarana menuju lokasi wisata Agro Wisata Cisande yang meliputi perbaikan jalan lingkungan dan jembatan penghubung, kemudian penataan destinasi Agro Wisata seperti penataan gajebo, penataan lahan pembibitan Peternakan, Penataan Lahan Pembibitan Pertanian, termasuk pembuatan embung (penampungan air red) dan Long storage (bangunan penampung air yang memanjang red) serta pelatihan SDM untuk masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Ya tadi aspirasinya hampir semua berkaitan dengan pengembangan dan penataan Infrastruktur untuk Agro Wisata Desa Cisande Kecamatan Cicantanyan, “jelas Hendar saat dihubungi Radar Sukabumi.

Hendar Darsono
SERIUS : Sejumlah peserta reses Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Demokrat, Hendar Darsono di Agro Wisata Cisande Desa Cisande Kecamatan Cicantayan terlihat serius. (Foto : ist)

Kegiatan reses yang dihadiri oleh Camat Cicantayan, Sendi Apriadi, Ketua MUI Kecamatan dan Perwakilan tokoh Masyarakat mengusulkan juga, soal pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi masyarakat dan kelompok masyarakat sadar wisata seperti pelatihan ekonomi kreatif (enkraf), pelatihan UMKM dan bantuan permodalan UMKM.

“Usulan selanjutnya adalah pelatihan ekonomi kreatif bagi pelaku UMKM, kemudian permodalan UMKM. Sehingga ketika semua terlealisasi, Agro wisata di Desa Cisande ini diharapkan bisa menjadi bagian dari pusat pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi khsususnya bagi masyarakat Kecamatan Cicantanyan, “terangnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, Agro Wisata di Desa Cisande cukup berpotensi untuk menjadi salah satu daya ungkit pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat sekitar. Dirinya mendorong kepada masyarakat untuk mempersiapkan produk UMKM mulai dari makanan khas dan suvenir khas guna menopang hidupnya desa wisata.

“Justru saya juga mendukung mereka (masyarakat sekitar Agro Wisata Desa Cisande red) agar mempersiapkan UMKM yang bagus seperti pembuatan kaos, makanan khas serta suvenir yang menarik, sehinga nantinya pertumbuhan ekonomi di daerah itu bisa baik dan jadi masyarakat bisa memiliki mata pencaharian yang tetap, “tukasnya. (*/adv)


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *