Habiskan Dana Puluhan Miliar, Pembangunan Jembatan Sodongkopo Tak Selesai

Pembangunan Jembatan Sodongkopo
Abutmen atau substruktur kedua ujung bentang jembatan Sodongkopo Pangandaran. (foto: ron's/ Radar Sukabumi)

Menelusuri Proyek Startegis Warisan Kang Emil

PANGANDARAN – Keberlanjutan pembangunan jembatan Sodongkopo yang berlokasi di dua desa yakni Desa Batukaras dan Kondangjajar, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat (Jabar), hingga kini belum ada kepastian.

Berdasarkan pantauan Radar Sukabumi dilokasi, proyek strategis “warisan” Ridwan Kamil (mantan Gubernur Jabar-red). Bahkan, sejak awal pengerjaan jembatan Sodongkopo tersebut digadang selesai awal tahun 2024. Kenyataan dilapangan hingga Mei 2024 ini pembangunannya tak kunjung dikerjakan.

Bacaan Lainnya

Hasil penelusuran Radar Sukabumi, diperoleh informasi, bahwa sebelumnya pembangunan jembatan Sodongkopo tersebut telah digelontorkan anggaran APBD Jabar sebesar Rp80,9 miliar.

Dana yang bersumber dari APBD Jabar itu terdiri dari dua paket kegiatan, yakni pemasangan jembatan Bailey (jembatan sementara) dengan anggaran sebesar Rp8,9 miliar.

Kemudian, pada tahun 2023 dari APBD pula dianggarkan sebesar 72 miliar untuk pembangunan jembatan Sodongkopo tersebut. Namun, hingga saat ini baru sebatas Abutmen atau substruktur di kedua ujung bentang jembatan sebagai perletakan vertikal maupun lateral, untuk menopang superstrukturnya.

Pembangunan jembatan terhenti, dan belum ada tanda-tanda pengerjaan lanjutan. Sehingga masyarakat disekitar lokasi menilai bahwa pembangunan jembatan terkesan dibiarkan atau terbengkalai.

Terkait hal tersebut, pihak Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jabar, melalui Kustoyo selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) sekaligus Kepala UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah Pelayanan V yang diberikan kewenangan atas pembangunan jembatan Sodongkopo, belum bisa dimintai keterangan. Karena sedang tidak berada di kantornya, Rabu (15/5/2024).

Sementara itu, Uyu Suryana selaku Humas UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah Pelayanan V mengatakan pembangunan jembatan Sodongkopo akan dilanjutkan atau tahap kedua.

Meskipun diakui Uyu, semula atau pada saat Grounbreaking oleh Gubernur Jabar ( kala itu Ridwan Kamil), dihadapan unsur Forkopimda dan masyarakat, Kang Emil (sapaan akrab Ridwan Kamil) menyebutkan bahwa jembatan Sodongkopo akan bisa dilalui masyarakat pada Januari 2024.

“Ya, semua yang hadir menyambut gembira saat pak Ridwan Kamil mengatakan akan selesai pada Januari 2024,” ungkap Uyu, Rabu (15/5/2024).

Dia menambahkan, untuk proses pembangunan tahap kedua, kemungkinan akan dilakukan lelang/tender. “Ya, mungkin ditender lagi, dan bisa saja pemenangnya perusahaan sebelumnya atau perusahaan baru,” kata dia. (Ron)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *