Abdul Muiz Dorong Pemprov Jabar Tambah Anggaran Tanggap Bencana

Abdul Muiz
Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat Abdul Muiz

SUKABUMI —  Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat dari Fraksi PKS Abdul Muiz mendorong pemerintah Provinsi Jawa barat untuk menambah alokasi anggaran tanggap bencana, pasalnya dengan anggaran Rp20 Milyar sangatlah kurang mengingat daerah Jawa Barat merupakan daerah yang cukup rawan bencana.

“Sesuai pernyataan Ketua Fraksi PKS DPRD Jabar Haru Suandharu kami akan mengusulkan alokasi anggaran yang cukup dari Belanja Tak Terduga di APBD-P 2022 agar dicairkan secara signifikan untuk tahapan recovery. Hal itu berlaku juga pos yang sama di APBD 2023 agar ada alokasi untuk tahap rehabilitasi, jelasnya.

Bacaan Lainnya

Dirinya juga mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Barat agar berperan aktif dalam melakukan kordinasi penanganan gempa. Karena, lanjut dia, beberapa titik yang sulit dijangkau harus dipastikan dapat tertangani.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, peran dan tanggungjawab Pemerintah Daerah dalam penanggulangan bencana meliputi penjaminan pemenuhan hak masyarakat dan pengungsi yang terkena bencana sesuai dengan standar pelayanan minimum, perlindungan masyarakat dari dampak bencana.

Pengurangan risiko bencana dan pemaduan pengurangan risiko bencana dengan program pembangunan dan pengalokasian dana penanggulangan bencana dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang memadai. Oleh karena itu, dirinya mempertanyakan soal alokasi anggaran untuk proses recovery (pemulihan) di wilayah terdampak bencana.

“Kami juga tidak ingin ada warga yang tidak seharusnya mendapatkan, namun justru malah dapat. Kondisi pasca bencana memang memprihatinkan, namun upaya pemerintahan harus tetap profesional. Kami ingin memastikan dana bantuan tidak ada yang disalahgunakan,”tandasnya.(adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *