Bendungan Katulampa Siaga Tiga, Warga Jakarta Diminta Waspada

Kondisi aliran Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa
Kondisi aliran Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, Minggu (7/2/2021) pagi. Ketinggian muka air 130 sentimenter dengan status Siaga III. /Foto: Istimewa

BOGOR  – Hujan deras di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor kembali berdampak pada ketinggian air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa , Kota Bogor.

Ketinggian air per pukul 16.30 WIB, Minggu (31/10/2021) mencapai 90 cm atau status siaga 3.

Bacaan Lainnya

Kepala Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, kenaikan air terjadi secara bertahap. Pukul 16.00 WIB ketinggian air berada pada titik 80 cm kemudian pukul 16.30 WIB kembali mengalami peningkatan mencapai 90 cm. “Statusnya masih siaga 3,” ucapnya, Minggu (31/10/2021).

Sekitar 131.000 liter per detik air di aliran Sungai Ciliwung yang melintasi Bendung Katulampa. Air tersebut diperkirakan sampai ke wilayah Jakarta sekitar 9-12 jam ke depan. Warga Jakarta diimbau meningkatkan kewaspadaan banjir. “Kondisi saat ini masih diguyur hujan,” katanya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca di wilayah Bogor, Puncak, dan Cianjur.

Wilayah itu berpotensi masih diguyur hujan ringan sampai lebat disertai petir dan angin hingga petang. Adapun wilayah tersebut yakni Ciawi, Gadog, Megamendung, dan Cisarua. Kemungkinan bisa meluas ke wilayah Cipanas dan sekitarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.