Venue di Jabar Rampung

BANDUNG— Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan persiapan arena lima cabang olahraga yang akan digunakan pada ajang Asian Games 2018 di Jawa Barat sudah mencapai 100 persen sehingga dinyatakan siap digunakan untuk menggelar pertandingan tingkat internasional tersebut.

“Alhamdulillah untuk sepak bola, perkembangannya sudah 100 persen. Sekarang lebih bagaimana keindahannya ditata. Empat arena untuk sepakbola sudah beres, termasuk untuk tempat latihannya,” kata Iwa Karniwa, di Bandung, kemarin (3/8).

Bacaan Lainnya

Menurut dia, empat arena di Jawa Barat akan digunakan untuk cabang olahraga sepakbola, yakni Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung, Pakansari di Kabupaten Bogor, Patriot di Kabupaten Bekasi, dan Stadion Wibawamukti di Kabupaten Karawang.

Sedangkan untuk cabang olahraga balap sepeda atau road race, kata Iwa, rute sepanjang 145 kilometer yang melintasi Purwakarta, Subang, dan Karawang, sudah siap 100 persen.

“Untuk pengaturan lalu lintas tinggal dilakukan saat pertandingan berjalan. Selama ini Kapolda Jabar sudah mengatur jam untuk pertandingan, digunakan selama tiga jam. Namun tiga jam sebelum dan sesudahnya juga sudah diatur,” katanya.

Menurut dia, untuk cabang olahraga paragliding akan diselenggarakan di Puncak di Kabupaten Bogor dan persiapannya juga sudah 100 persen kemudian untuk jalan aksesnya pun sudah bisa digunakan dengan nyaman pada saat pertandingan.

“Lalu untuk persiapan untuk cabang olahraga Kano Slalom di Bendung Rentang di Kabupaten Majalengka juga sudah mencapai 100 persen. Termasuk persiapan mobilisasi atlet dan official, serta pemeriahan oleh berbagai produk unggulan UMKM,” kata Iwa.

Dia menambahkan perbaikan jalan di Subang untuk cabang olahraga Sepeda Gunung sudah mencapai 100 persen. Perbaikan jalan aksesnya dilakukan menggunakan dana CSR dari Bank BJB.

“Jadi secara keseluruhan untuk persiapan Asian Games di Jawa Barat, alhamdulillah selesai 100 persen. Sekarang tinggal persiapan api obor Asian Games. Tadi juga pagi sudah rapat untuk persiapannya di Kota Bandung, termasuk Gedung Sate, dan ada beberapa kabupaten kota lain ikut terlibat,” ujarnya.

Lebih lanjut Iwa mengatakan di bawah koordinasi Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Barat, rencana perjalanan api obor Asian Games 2018 berjalan baik dan dikoordinasikan bersama Inasgoc dan sejumlah sponsor.

 

(net)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.