JAWA BARAT

Aa Umbara Usir Pengusaha KJA Asing

RADARSUKABUMI.com – KBB– Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna meminta pengusaha Keramba Jaring Apung (KJA) di PLTA Cirata yang bukan warga Bandung Barat untuk kembali ke kampung halamannya. Hal ini diucapkannya usai melakukan audiensi, yang dihadiri Dansektor 12, Badan Pengelola Waduk Cirata (BPWC) dan Bupati KBB di Kantor BPWC, Cipeundeuy, Kamis (13/12).

Menurut Bupati, informasi yang didapatnya kebanyakan pengusaha KJA di perairan waduk Cirata bukan warga Bandung Barat. Warga pribumi biasanya hanya sebatas buruh pengelola KJA.

“Kebanyakan yang punya ratusan petak KJA itu bukan pribumi, makanya sebaiknya mereka pulang ke kampung halaman saja dan menjalankan usaha sendiri. Sementara warga pribumi kita cari solusi untuk alih usaha,” ungkapnya.

Aa mengatakan, dirinya sudah meminta Kepala Desa untuk melakukan pendataan secara rinci mana warga pribumi dan pengusaha orang luar.
Dari data itu, warga pribumi yang menjadi buruh diberi wawasan, pelatihan dan usaha baru karena KJA sudah dilarang program Citarum Harum.

“Kami pemerintah daerah ingin memberi solusi, tetapi untuk warga mana. Tentu hanya warga pribumi yang akan kita bantu,” jelasnya.

(net)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button