2 Rumah Warga Cugenang Cianjur Tertimbun Longsor Usai Gempa Cianjur M 4.0

Dua rumah warga di Kampung Lebak
Dua rumah warga di Kampung Lebak Benjod, Desa Benjod, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, tertimbun longsor setelah gempa 4.0 magnitudo mengguncang Cianjur, Rabu (29/3/2023).(ANTARA/Ahmad Fikri).

CIANJUR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat dua rumah warga di Desa Bejod, Kecamatan Cugenang, tertimbun longsor setelah gempa 4.0 magnitudo mengguncang sebagian besar wilayah Cianjur, Rabu.

Sekretaris BPBD Cianjur, Rudi Wibowo saat dihubungi mengatakan longsor yang terjadi beberapa jam setelah gempa disertai hujan lebat, warga melihat ada pergerakan tanah tebing setinggi 30 meter di belakang perkampungan hingga akhirnya longsor.

Bacaan Lainnya

“Beruntung pemilik sudah pindah ke rumah relokasi di Kecamatan Cilaku bersama keluarganya, sehingga kedua unit rumah dalam keadaan kosong. Tidak hanya bangunan rumah, longsor juga menimbun kandang sapi, pondok kayu dan jalan desa sepanjang tujuh meter,” katanya.

Pihaknya masih melakukan pendataan terkait kerusakan lain akibat longsor yang terjadi di Kampung Lebak Benjod, Desa Benjod, dimana 45 kepala keluarga direlokasi karena masuk dalam zona merah sesar Cugenang.

Bhabinkamtibmas Polsek Cugenang, Aipda Hilmi, mengatakan untuk jalan desa yang tertutup longsor, pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk dilakukan evakuasi secara manual bersama warga agar dapat dilalui kendaraan karena merupakan jalan utama penghubung antardesa.

Pos terkait