informasi sukabumi

Stres Bisa Sebabkan Ketombe? Pakar Berikan Penjelasan

RADARSUKABUMI.com – Stres bisa menyebabkan tubuh Anda bereaksi dalam banyak cara yang tidak terduga. Percaya atau tidak, stres ternyata bisa memengaruhi kesehatan kulit kepala Anda.

Anda mungkin pernah mendengar tentang rambut rontok yang berkaitan dengan stres. Tetapi apakah Anda tahu ada juga hubungan antara stres dan ketombe?

Jika Anda sering memperhatikan ada serpihan berlebih dirambut Anda akhir-akhir ini, inilah alasannya.

Ketombe adalah kondisi kulit yang menyebabkan kulit kepala mengelupas dan gatal. Ketombe juga merupakan gejala dermatitis seboroik, kondisi lain yang menyebabkan bercak bersisik muncul di kulit kepala.

Sangat mudah untuk berpikir bahwa ketombe disebabkan oleh kulit kering, tetapi sebagai dokter kulit Gilberto Alvarez, MD, mengatakan bahwa itu bukan itu masalahnya.

“Kondisi ini terjadi di area tubuh yang memiliki banyak kelenjar penghasil minyak, dan kulit kepala menjadi area yang paling umum.

Namun, beberapa orang bisa mendapatkan ketombe di alis, dada, dan punggung bagian atas,” kata Dr. Alvarez, sepert dilansir laman MSN, Selasa (26/5).

Menurut Dr. Alvarez, teori yang paling diterima tentang mengapa ketombe bisa timbul di kepala Anda adalah bahwa produksi minyak yang berlebihan menghasilkan pertumbuhan berlebih ragi, yang pada gilirannya, bisa menyebabkan kulit kepala meradang.

Satu hal penting untuk diingat ketika mencoba memahami hubungan antara stres dan ketombe adalah bahwa stres bukanlah penyebab ketombe, namun justru memperburuknya.

“Secara tidak langsung, stres bisa memperburuk atau mengarah pada pengembangan ketombe,” kata dokter NavNirat Nibber, ND dari Crescent Health Clinic di Kanada.

Hal ini bisa disebabkan oleh perubahan hormon yang menyebabkan peningkatan produksi minyak di kulit kepala, produksi minyak membuat Anda lebih rentan terhadap pertumbuhan berlebih ragi, iritasi kimia seperti shampo, kondisi autoimun seperti psoriasis, dan banyak lagi.(fny/jpnn/izo/rs)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button