Perjuangan ABK, Syifa Aulia Melawan Gelapnya Dunia

Siswi kelas IV SLB A Budi Nurani Kota Sukabumi, Syifa Aulia saat bernyanyi bersama temannya di asrama SBL A Budi Nurani.

Tidak ayal kalau dirinya sering kali menjadi juara di setiap lomba bernyanyi. Bahkan baru-baru ini, Syifa berhasil meraih juara II di ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang diadakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jabar.

Tentunya prestasi ini mengalami peningkatan di banding tahun sebelumnya. Si pemilik suara merdu itu pun berhasil menjadi juara ke-3 di ajang perlombaan yang sama namun kali ini di bidang solo vokal. “Harapannya tahun depan bisa ikut lagi dan bisa menjadi juara ke-1,” ucap Syifa sambil tersipu malu.

Bacaan Lainnya

Bakat yang dimiliki Syifa ini tidak serta merta dilakukan secara instan. Di SLB dirinya mendapat bimbingan dan latihan vokal dari gurunya. Usut punya usut, ternyata di keluarganya tidak ada seorangpun yang memiliki bakat di bidang seni seperti menyanyi.

Syifa menemukan keahliannya selama menempuh pendidikan di SLB yang lokasinya berdekatan dengan Jalan Lingkar Selatan dan Terminal Tipe A Kota Sukabumi itu.

“Setahu Syifa di keluarga enggak ada yang berbakat di bidang seni ya, jadi bisa nyanyi itu betul-betul belajar dari nol banget,” ucap Syifa yang kini duduk di kelas IV dan pandai puisi itu.

Baginya tidak terlalu sulit melatih vokalnya. Sebab, untuk mempelajari nada, ia mempelajarinya melalui huruf braille selain itu ia juga rajin mendengarkan lagu-lagu untuk menghafal kata-kata di setiap lagu tersebut.

“Kalau kesulitan selama ini belum ada yang sulit banget. Latihannya juga rutin apalagi kalau mau lomba. Nah kalau untuk menghapal, biasanya sering dengerin lagu-lagu aja,” terangnya.

Tidak hanya pandai bernyanyi, gadis yang sebentar lagi menginjak usia 10 tahun itu juga pandai melantunkan ayat-ayat suci Alquran. Dengan suara merdunya, Syifa begitu fasih membaca Alquran Braille.

Bahkan siswi yang dikenal oleh guru-gurunya sebagai siswi multitalenta ini juga memiliki bakat lain yang ternyata membawanya sebagai juara ke-1 lomba baca puisi tingkat nasional di ajang FLS2N 2019

.
Ya, selain pandai bernyanyi dan membaca Alquran, Syifa juga pintar membaca dan juga menulis sebuah puisi.

Bahkan, dengan bakatnya tersebut kini Syifa disibukkan dengan menerbitkan buku syair puisi ciptaannya sendiri yang akan dilaunching Oktober tahun ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan