Primary Wave Mengakusisi Katalog karya Legenda Musik Reggae Bob Marley

Primary Wave Entertainment direvitalisasi, salah satunya oleh investor institusi BlackRock. Reviltaliasi itu ternyata termasuk mengakusisi penerbitan katalog karya legenda musik reggae Bob Marley.

New York Times melaporkan bahwa Blackwell menandatangani kesepakatan senilai USD 50 juta dengan Primary Wave, sehingga memberikan pendiri Island Records, Chris Blackwell saham sebesar 80 persen termasuk dua katalog penerbitan lagu Marley dan Blue Mountain Music.

Bacaan Lainnya

Selain lagu Marley, katalog Blue Mountain juga mencakup lagu-lagu dari Toots dan Maytals, Free, U2 dan the Waterboys.

namun, menurut sumber, Blue Mountain memiliki saham co-publishing di katalog Marley. Itu berarti sebenarnya Marley juga masih memegang saham dalam penerbitan tersebut. Sebab, transaksi penerbitan biasanya terdiri dari 50 persen penerbitan dan 50 persen penulis, sementara kesepakatan co-publishing bisa memberi penulis tambahan pendapatan 10 sampai 25 persen.

Jadi, jika Marley memiliki kesepakatan co-publishing tersebut maka saham tersebut masih dimiliki 75 persen oleh Marley, sementara saham Blackwell akan menjadi 25 persen dari katalog penerbitan.

Seorang sumber mengatakan bahwa katalog Blue Mountain menghasilkan sekitar USD 3,2 juta saham penerbit bersih. Itu berarti, jika Primary Wave membeli 80 persen saham seharga USD 50 juta, perusahaan penerbit musik atau manajemen yang didirikan oleh mantan karyawan Blackwell tersebut membayar hampir 20 kali lipat. Angka itu dikatakan sedikit lebih tinggi dari pada seharusnya.

Primary Wave didirikan oleh mantan eksekutif label rekaman Mestel pada tahun 2006. Perusahaan tersebut menjual sebagian besar katalognya ke BMG pada tahun 2013. Tetapi, mulai membangun kembali katalognya ketika memperoleh bagian dari Smokey Robinson pada tahun 2016, dengan dukungan senilai USD 300 juta dari BlackRock dan investor lainnya.

Di Amerika, katalog album Bob Marley berhasil terjual 22.000 kopi, sedangkan lagunya sendiri diunduh sekitar 61.000 kali. Sementara itu, menurut Nielsen Music yang mulai melacak penjualan dan aktivitas musik sejak tahun 1991, katalog album Marley telah terjual sekitar 28 juta kopi, sementara lagunya telah diunduh 14,8 juta kali dan diperdengarkan sekitar 1,68 miliar kali.

(yln/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.