ENTERTAINMENT

Ini 7 Jenis Aliran Musik yang perlu Diketahui, Simak Penjelasan lengkapnya

×

Ini 7 Jenis Aliran Musik yang perlu Diketahui, Simak Penjelasan lengkapnya

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Aliran Musik

BAGI pecinta musik, mengenal jenis musik merupakan suatu kewajiban yang tidak boleh dilewatkan. Bukan tanpa alasan, dengan mengenal genre musik hal ini dapat membantu Anda untuk lebih mengenal karakter dan menjelajahi musik lainnya yang tidak kalah menariknya. Tentunya setiap orang memiliki jenis musik favoritnya masing-masing.

Genre musik sendiri merupakan penggolongan musik, sehingga setiap nyanyian memiliki karakter yang khas dan berbeda dari musik lain. Nah apakah Anda sudah menentukan jenis musik apa yang pas dengan selera Anda? Jika belum, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan 7 jenis musik Indonesia yang wajib Anda ketahui.

Penjelasan Lengkap 7 Genre Musik

Agar lebih mengenal lebih dalam tentang musik, Anda harus tahu apa saja genre musik dan penjelasanya. Untuk membantu Anda mendapatkan informasinya, yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Musik Klasik

Bagi sebagian pecinta musik jadul, pastinya sudah tidak asing lagi dengan genre musik klasik. Genre ini dikenal sebagai musik yang intelektual dan indah. Mulanya jenis musik ini berasal dari Eropa pada tahun 1750 hingga 1825. Beberapa musisi terkenal pada masa ini adala Mozart, Chopin, Beethoven, dan Johann Pachelbel.

2. Musik Jazz

Genre musik ini bisa dibilang sebagai aliran musik yang khas kbb arena merupakan penggabungan antara aliran blues, musik eropa, dan ragtime. Penikmat musik jazz tidak pernah pudar dan tetap mempertahankan eksistensinya sebagai jenis musik yang unik. Di Indonesia sendiri terdapat sejumlah musisi jazz seperti Bubi Chan, Spirit Band, Bhaskara, Indra Lesmana, Benny Likumahuwa, dan masih banyak lagi.

3. Musik Blues

Berbeda dari jenis musik jazz, musik blues adalah aliran yang berasal dari Amerika Serikat baik itu instrumen maupun vokalnya. Uniknya, musik blues menggunakan blue note dan penerapan pola call and response. Musisi terkenal yang menggunakan aliran ini adalah Gugun Blues Shelter, Slank, Ginda Bestari, Blues Libre, hingga Titiek Puspa.

4. Musik Reggae

Bagi Anda yang senang mendengarkan musik chill, aliran reggae merupakan  jenis musik yang cocok untuk didengarkan setiap harinya. Musik yang dikembangkan pada tahun 60-an di Jamaika ini memiliki ciri khas gaya musik ritmis yang disebut skank. Anda dapat menemukan berbagai musisi ternama pada aliran ini seperti Bob Marley, Jimmy Cliff, Dhyo Haw, Imanez, Ras Muhammad, hingga Tony Q Rastafara.

5. Musik R&B

Musik R&B menjadi salah satu contoh genre musik yang tetap bertahan dan masih banyak didengarkan hingga saat ini. Musik ini merupakan gabungan dari beberapa aliran musik lainnya seperti gospel, jazz, dan blues. R&B merupakan singkatan Rhythm and Blues yang berawal dari pemusik dari Afrika-Amerika. Anda dapat menemukan jutaan musisi R&B dari belahan dunia seperti Justin Timberlake.

6. Musik Rap

Menjadi salah satu unsur musik hip-hop, musik rap juga tidak kalah diminatinya oleh pecinta musik dari seluruh dunia. Menggunakan teknik vokal yang terbilang cepat, membuat aliran musik ini diminati oleh jutaan pendengar. Penyanyi dari genre ini dikenal sebagai rapper. Biasanya rapper akan bernyanyi secara solo seperti Younglex, Saykoji, Igor, Akon, Iwa K, dan Bondan Prakoso. Apakah Anda tertarik mendengarkan genre musik yang satu ini?

7. Musik Death Metal

Genre death metal yang sering Anda dengarkan merupakan subgenre dari musik heavy metal yang mulanya dikembangkan dari trash metal pada tahun 1980-an. Jenis musik ini terbilang unik karena liriknya yang mengusung tema kematian. Adapun beberapa band yang menggunakan konsep ini adalah Metalica, Avenged Sevenfold, Rash, Slayer, dan Diamond Head.

Dari ketujuh genre musik di atas, kita-kira jenis musik apa yang Anda sukai? Indonesia sendiri memiliki genre musik khas bernama dangdut yang sudah ada sejak lama. Nah tahukah Anda bahwa kini Anda bisa mendengarkan berbagai jenis musik dunia di atas melalui festival musik bernama DWP. Apa itu DWP?

DWP atau Djakarta Warehouse Project merupakan festival musik terbesar di Asia. Jika biasanya DWP hadir secara offline untuk mengajak penonton menikmati musik yang disuguhkan, kini DWP hadir dengan konsep yang berbeda yaitu secara virtual. Bukan tanpa alasan, hal ini terjadi karena kita masih berada di tengah pandemi yang belum berakhir.

Meskipun digelar secara online, tetapi tidak menutup kemungkinan festival musik terbesar ini akan meriah. Bahkan kali ini DWPV hadir dengan pengisi acara yang spektakuler. Anda bisa bertemu secara virtual dengan DJ asal Moldova seperti Andrew Rayel, Jeffrey Sutorius, Nervo, dan Lost Frequencies. Untuk artis Indonesia sendiri ada banyak kalangan musisi ternama yang hadir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *