Umat Mart, Ajang Berlatih Entrepreuner Bagi Santri

JAKARTA – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) segera meluncurkan ritel modern bernama Umat Mart diakhir pekan ini. Menurut rencana akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Umat Mart nantinya akan disebar di sepuluh pesantren yang menjadi pilot project.

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Bahlil Lahadalia, menjelaskan satu pesantren yang akan diresmikan presiden pada 12 Mei mendatang, merupakan pesantren Byat al Hikmah Pasuruan. Pasalnya, pesantren tersebut telah memenuhi kriteria untuk difasilitasi Ummart. Sementara sembilan pesantren sisanya akan diresmikan lewat video conference.

Bacaan Lainnya

Menurut Bahlil ada sepuluh pondok pesantren yang masuk kriteria yaitu Pondok Pesantren Salafiya Pasuruan, Pondok Pesantren Mabdiyul Ihsan, Pondok Pesantren Zaiunl Hasan Geng gong, Pondok Pesantren Hati Rangkang Kraksaan, Pondok Pesantren Al Falah Poso Kediri, Pondok Pesantren Minhajut Thullab Brasan Muncar Banyuwangi, Pondok Pesantren Minhajut Thullab Banyuwangi, Manbaul Maarif Denanyar Jombang, Pondok Pesantren Nurul Hikmah Malang dan Pondok Pesanten Byat al Hikmah Pasuruan.

“Harapan pesantren yang sudah bagus berbasis pendalaman agama Islam selain ilmu agama merubah sebagian mindset mereka menjadi seorang enterpreneur. Seperti Rasullulah dengan materi entrepreneurship,” kata Bahlil, kemarin (10/5).

HIPMI menargetkan Ummart dapat berdiri di seluruh pulau Jawa lantaran potensi bisnis tersebut juga dapat menguntungkan pihak pesantren. “Kita fokusnya (pengadaan Ummart) di Jawa Timur dulu. Kita sudah mendata di Jatim itu ada sekitar 13.500 pondok pesantren dan nggak semua masuk kriteria, baru yang 10 ini saja,” ujarnya.

Sebelumnya ide ini disambut baik oleh Jokowi dengan memberikan arahan kepada Kementerian Perdagangan (Kemendag) HIPMI dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) dalam pembangunan ritel modern di pesantren.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *