Uang Putri Dimakan Rayap, Diganti Rp1,05 Juta

Twitter: Putri Buddin VIRAL: Penampakan uang kertas yang diunggah oleh Putri Buddin (23) senilai Rp5,4 juta yang disimpan di dalam lemari dan dimakan rayap.

JAKARTA, RADARSUKABUMI.com – Nasib nahas yang dialami salah satu warganet Putri Buddin, 23, yang sempat viral di media sosial mendapat sorotan dari jajaran pimpinan Bank Indonesia (BI). Betapa tidak, pemilik akun Twitter @putribuddin itu sebelumnya menceritakan tentang uangnya yang berjumlah Rp5,4 juta habis dimakan rayap. Lantas uangnya hanya bisa digantikan ke BI sebesar Rp1,05 juta saja.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi membenarkan bahwa Putri telah menukarkan uang rusak miliknya ke BI beberapa waktu lalu. Sayangnya dari total Rp5,4 juta yang ia bawa, hanya Rp1,05 juta yang bisa diganti oleh BI. Sebab sesuai ketentuan, uang rusak yang bisa ditukarkan harus memiliki kondisi 1/3 atau 67 persen dari kondisi fisik asli.

Bacaan Lainnya

“Sesuai dengan ketentuan apabila rusaknya itu lebih dari 2/3 itu tidak diganti. Tapi kalau dia masih ada 1/3 kita ganti. Dari Rp5,4 juta itu kita ganti Rp1 juta,” kata Rosmaya di Kantor BI, Jakarta, Kamis (22/8).

Rosmaya membeberkan bahwa kondisi fisik uang yang tidak bisa ditukarkan oleh Putri telah berbentuk hampir seperti abu lantaran habis dimakan rayap. “Karena itu sesuai ketentuan, yang lainnya itu (uang yang tidak bisa ditukarkan) betul-betul sudah seperti abu,” bebernya.

Atas dasar itu, Rosmaya lantas memberikan tips kepada masyarakat agar dapat menyimpan uang dengan baik. Selama ini, kata dia, BI sebenernya telah mengeluarkan sosialisasi anyar menjaga uang melalui 5J. Yakni, jangan dilipat, jangan distreples, jangan diremas, jangan dibasahin, dan jangan dicoret.

Namun agar lebih aman, ia menyarankan masyarakat dapat menyimpan uang di perbankan. “Yang lebih baik itu disimpan di bank,” tandasnya.

Sebelumnya, kisah malang warganet bernama Putri mendadak menjadi pembicaraan di media sosial. Ia membagikan sebuah foto yang memperlihatkan gepokan uang yang habis dimakan rayap. Sejatinya, uang yang rusak bukan hanya Rp5,4 juta. Apabila ditotal, jumlahnya ada sekitar Rp10 juta.

“Niat hati gak boros, simpen uang di lemari, eh malah dimakan rayap. Sedih banget sumpah. Kalau kaya uangnya rusak separah ini bisa dituker ke bank gak si guys? huhu,” curhat Putri melalui akun Twitternya pada Sabtu (17/8).

Putri mengungkapkan, menyimpan uang total Rp10 juta di lemari kayu di dalam dua kantong plastik terpisah. Kantong pertama berjumlah sebesar Rp4,6 juta dan kantong kedua berjumlah Rp5,4 juta. Namun nahas, satu kantong berjumlah total Rp4,6 juta telah menjadi sarang rayap. Ia kemudian telah memutuskan untuk membuangnya.

Usut punya usut, uang tersebut sebenernya uang miliknya yang telah diberikan kepada almarhumah neneknya. Nenek putri yang telah meninggal satu tahun lalu itulah orang yang menyimpan uang tersebut di lemari kayu. Putri baru sadar uang itu dimakan rayap setahun berselang setelah sepeninggalan neneknya.
Ia terkaget-kaget bahwa uang yang diberikan ke neneknya sudah habis dimakan rayap. Cerita itu pun dibagikannya ke media sosial dan telah disukai oleh 2,7 ribu orang dan dibagikan sebanyak 2,6 ribu orang.

 

(igm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *