Telur Rp26 Ribu, Cabai Merah Rp44 Ribu * Jelang Ramadan Barang Sulit Didapat

SUKABUMI – Menjelang Ramadan, sejumlah harga komoditas bahan pokok dan sayuran di pasar tradisional Sukabumi mulai mengalami kenaikan harga. Kenaikan harga ini sudah seperti menjadi tradisi setiap menyambut bulan puasa. Adapun komoditas yang mengalami kenaikan harga secara signifikan seperti daging ayam ras, bawang merah dan telur naik hingga 40 persen per kilonya.

Ditemui Radar Sukabumi, kemarin (4/5), salah satu pedagang telur ayam ras yang membuka lapaknya di eks Pasar Pelita, Sunandar (35) mengatakan, menjelang bulan puasa telur ayam terus mengalami kenaikan harga.

Bacaan Lainnya

“Sekarang harga telur ayam mencapai Rp26 ribu per kilogram, padahal harga sebelumnya Rp22 ribu per kilogram atau naik sekitar Rp4 ribu,”terang Sunandar.

Menurut pria yang juga warga Goalpara, Kabupaten Sukabumi itu, kenaikan harga telur ayam ini lantaran stok berkurang di pasaran. Apalagi menjelang bulan puasa, pabrik kue mulai beroperasi. Sehingga banyak peternak telur yang langsung ngedrop ke pabrik-pabrik kue.

“Kalau mau puasa stoknya suka sedikit, karena banyak dikirim ke pabrik kue, kalau kita mau nyimpan stok telur kan enggak bisa takut busuk,”ungkapnya.

Setiap bulan puasa, masih kata Sunandar, stok dagangannya selalu dibatasi. Lantaran barangnya susah didapat.
Ia menuturkan, selama Ramadan hanya menyetok 100-150 peti setiap minggu. Sementara jika menjelang Lebaran, bisa mencapai 200 peti.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *