Tips Optimalkan Website Muncul di Google Search, Agar Terus Berada di Page One

Cherry Prommawin, Search Relations Manager di Google
Cherry Prommawin, Search Relations Manager di Google

JAKARTA – Google mengadakan Search Fundamentals Workshop di Jakarta belum lama ini. Dalam sesi ini, Google membagikan berbagai tips dan metode terbaik agar media dapat mengoptimalkan laman website agar muncul di Google Search.

Menurut Cherry Prommawin, Search Relations Manager di Google, inti dasar dari Search terutama untuk menemukan sebuah informasi dari sebuah perayapan web, Google menyebutnya dengan indeks.

Bacaan Lainnya

Bahkan sebelum terjadi sebuah penelusuran, Google menemukan dan mengatur informasi dalam indeks tidak hanya mencangkup indeks laman di web, tetapi juga informasi yang ditemukan dalam gambar, buku, video, atau bahkan dunia fisik di sekitar kita.

“Selain memahami tentang halaman, kita sebelumnya harus juga paham dengan kueri. Salah satu tantangan adalah Google mendapati miliaran kueri setiap harinya, dan 15 persen dari kueri tersebut adalah baru,” terang Cherry.

Dia melanjutkan, inilah alasan mengapa Google mengandalkan otomatisasi atau pendekatan algoritma untuk menentukan apa yang relevan berdasarkan pencarian, dan sumber apa yang mungkin dapat diandalkan untuk topik tertentu.

Gary Illyes, Search Relations Manager di Google dalam kesempatan yang sama juga menjelaskan bahwa perpaduan antara Artificial intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) telah membantu perkembangan Large Language Model (LLM) yang dapat menghadirkan pembelajaran mendalam pada kumpulan data yang besar untuk memahami, meringkas, menghasilkan, dan memprediksi konten baru.

“Lebih dari 20 tahun, Google telah menggunakan ML. Saat ini ML digunakan untuk melawan spam, pelatihan model bahasa, untuk lebih memahami konten dan layout sebuah laman website,” jelasnya.

Setidaknya ada empat hal penting yang dapat untuk membantu Google memahami dan mengidentifikasi sebuah website pemberitaan. Pertama, biarkan Google melihat tampilan laman website sama dengan apa yang pengguna lihat.

Jangan merender tampilan, untuk ini Anda bisa menggunakan inspect url dalam Search Console. Kedua, pastikan informasi tanggal berita diluncurkan jelas dan akurat baik dari tampilan bagi pengguna maupun search engine, terutama bagi website berita.

Menjaga struktur dan tampilan laman secara baik juga perlu. Contohnya tag pada headline, sub headings, byline, juga ukuran font, posisi, dan warna.

Ketiga, fambahkan data terstruktur, untuk mengetahui apakah website telah memenuhi persyaratan atau tidak. Untuk memastikan hal tersebut, Anda bisa mengakses Search Gallery di goo.gle/searchgallery.

Terakhir, untuk membantu memonitor dan mengoptimalisasi performa laman sebuah website berita kita bisa menggunakan Search Console. Tools ini dapat mengukur lalu lintas dan kinerja penelusuran pada sebuah website, memperbaiki masalah, dan membuat website menonjol di hasil Google Penelusuran. (jpg)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *