Realme 5 dan Vivo Y17 Mana Lebih Hebat?

martphone Realme 5 (kiri) dan Vivo Y17.

Pada Kamis (19/9) pekan lalu, Realme memboyong dua smartphone teranyarnya ke Indonesia. Keduanya adalah Realme 5 dan Realme 5 Pro yang dihadirkan sebagai pengganti Realme 3 dan Realme 3 Pro. Duo perangkat itu membawa sejumlah keunggulan untuk memikat konsumen di kelasnya masing-masing.

Soal Realme 5 dan 5 Pro sudah kami kupas habis dalam ulasan sebelumnya. Kali ini, JawaPos.com ingin meng-compare unit Realme 5 dengan produk sejenis yang sudah lebih dulu beredar di pasaran. Realme 5 hadir membawa baterai besar 5.000 mAh. Pada segmen yang sama, ada Vivo Y17 yang meluncur akhir April lalu sebagai perangkat terbaru.

Bacaan Lainnya

Pada kategori yang sama sebenarnya ada juga Samsung dengan lini M Series. Namun kami lebih tertarik membandingkannya dengan Vivo yang notabene adalah saudara tua Realme dengan handset Y17-nya. Selain itu, dari segi teknis, keduanya yang sama-sama berasal dari Tiongkok juga lebih seksi untuk diadu seperti kamera lebih dari dua, desain berkilauan, dan keunggulan lainnya yang membuat persaingan dua saudara itu menjadi semakin seru.

Penasaran dengan perangkat keduanya? Mana yang lebih unggul di segmen yang sama? Berikut ulasan adu teknis keduanya.

Tabel perbandingan spesifikasi Realme 5 dan Vivo Y17. (Rian Alfianto/JawaPos.com).

Performa dan Dapur Pacu

Pertama, mengawali langkah yang paling penting, kami mulai dari urusan jeroan atau dapur pacu lengkap dengan performanya. Sebagai permulaan, kami memulai lebih dahulu dari Realme 5 sebagai perangkat yang paling anyar kemudian Vivo Y17.

Dari sektor dapur pacu, Realme 5 membawa bekal prosesor bikinan Qualcomm, yakni Snapdragon Snapdragon 665 AIE atau Artificial Intelligence Engine. Sebagai informasi, perangkat dengan jargon Quad Camera Power Hero ini hadir dengan Snapdragon 665 yang diproduksi dalam fabrikasi 11 nm dan arsitektur delapan inti Kryo.

Masih untuk urusan performa, chipset Qualcomm Snapdragon 665 AIE membawa detail performa Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver). Mendukung keandalan perangkat, Realme 5 dilengkapi pula GPU Adreno 610 untuk menjamin kinerja grafis yang lancar.

Mendukung keandalan performa, handset ini hadir dengan pilihan RAM/ROM 3/32 GB, 3/64 GB, dan 4/128 GB. Tenang, jika memori internalnya kurang, kamu bisa menambahkan penyimpanannya menggunakan MicroSD hingga 256 GB.

Beralih ke produk selanjutnya, yakni Vivo Y17. Handset yang resmi melenggang di Indonesia pada 29 April lalu ini hanya datang dalam satu varian RAM dan penyimpanan internal saja, yakni 4/128 GB. Vivo Y17 ditopang prosesor octa-core Mediatek MT6765 Helio P35 (12 nm). Detail spesifikasi lainnya dari performa chipset yang digunakan Vivo Y17 adalah Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53) berpadu dengan GPU PowerVR GE8320. Ruang simpannya sama-sama bisa diekspansi hingga 256 GB dengan MicroSD.

Dari sektor performa dan dapur pacunya, di atas kertas, Realme 5 tampak unggul dibandingkan dengan Vivo Y17. Yang membuat Realme 5 unggul seperti jabaran spesifikasi di atas adalah fabrikasi chipset yang lebih kecil dengan 11 nm vs 12 nm milik MediaTek P35 yang digendong Vivo Y17.

Perbandingan hasil perolehan uji benchmark Realme 5 (kiri) dengan Vivo Y17. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Dari sektor performa untuk membuktikan siapa yang paling andal di antara keduanya kami juga membuktikannya dengan pengujian benchmark sintetis. Untuk hasil simulasi menggunakan aplikasi populer AnTuTu Benchmark dan AnTuTu 3D Bench, perangkat Realme 5 mampu menghasilkan perolehan skor keseluruhan dengan angka 139390. Sementara untuk hasil pengujian menggunakan PC Mark (Work 2.0 Performance), Realme 5 berhasil membukukan skor sebesar 7773.

Sementara untuk Vivo Y17, berdasarkan pengujian yang sama pada kedua platform benchmark sintetis tersebut, perangkat tersebut menghasilkan perolehan skor keseluruhan yang kalah jauh jika dibandingkan dengan Realme 5. Skor benchmark Vivo Y17 hanya di angka 87714 saja. Sementara untuk hasil pengujian menggunakan PC Mark (Work 2.0 Performance), Vivo Y17 juga tak berhasil menyalip perolehan skor uji Realme 5 dengan hanya berhasil membukukan skor sebesar 5702 saja.

Dari segi performa, adu teknis kedua perangkat ‘satu ibu’ itu membuktikan siapa yang lebih unggul pada segmen harga yang ditawarkan. Realme 5 menang dibandingkan dengan Vivo Y17 dari perolehan hasil uji skor benchmark sintetis juga chip yang dibawanya. Snapdragon 665 AIE Vs MediaTek Helio P35.

Layar dan Desain

Aspek kedua, yang juga kami bandingkan antara Realme 5 dengan Vivo Y17 adalah layar dan desain. Dari segi layar, keduanya terdapat kesamaan. Keduanya sama-sama mengusung layar bertakik atau notch berbentuk serupa huruf dengan gaya tetesan air di ujung tengah bagian atas layarnya sebagai rumah dari kamera selfie-nya.

Dimulai dari Realme 5, perangkat yang bersangkutan hadir dengan layar water drop notch 6,5 inci yang menyajikan rasio screen-to-body sebesar 89 persen yang menghasilkan tampilan lebar. Layar Realme 5 memiliki aspek rasio 20:9 dengan resolusi HD Plus dengan 1.600 x 720 piksel.

Masih di bagian layar, material layar Realme 5 masih sama dengan Realme Series sebelumnya, yakni IPS LCD capacitive touchscreen 16 M colors. Secara garis besar, layarnya terbilang tajam dan terang dengan kemampuan menangkal sinar matahari yang baik dan cukup cerah.

Beralih ke Vivo Y17, handset tersebut kurang lebih sama dengan Realme 5 untuk sektor layar yakni melenggang dengan layar IPS LCD 16 M colors. Vivo Y17 hadir dengan bentang layar 6,38 inci beresolusi HD Plus juga dengan 720 x 1.544 piksel. Dari sektor layar, keduanya juga sama-sama bisa tampil baik.

Bergeser ke bagian belakang, kedua perangkat yang kami bandingkan juga sama-sama hadir dengan desain kekinian yang kinclong. Namun untuk urusan desain, Realme 5 tampak lebih mentereng jika head to head dengan Vivo Y17.

Realme 5 di bagian belakang hadir dengan sentuhan warna gradasi berpola potongan berlian. Sementara untuk Vivo Y17, kendati sama kinclongnya, sayang bagian desain di belakang perangkat cenderung polos tanpa pola namun tak kalah kinclong dan menterengnya jika dibandingkan dengan Realme 5.

Untuk kasus ini memang agak subjektif, suka-sukaan. Mau pilih yang kinclong berpola potongan berlian seperti Realme 5 atau kinclong dengan kesan clear tanpa pola seperti Vivo Y17.

Dari sektor desain, utamanya layar, menurut kami Realme 5 lagi-lagi unggul ketimbang Vivo Y17. Lihat saja ukurannya. Vivo Y17 hanya membawa layar berukuran 6,3 inci sementara Realme 5 hadir dengan bentang 6,5 inci. Buat yang suka layar lega, Realme 5 tentu lebih menarik.

Kamera

Faktor selanjutnya yang tidak kalah penting dalam pertimbangan konsumen mana kala membeli smartphone baru saat ini adalah urusan fotografi atau kamera. Meski hadir menyasar segmen dan target market yang sama yakni segmen ekonomis, di awal kami bisa langsung bilang Realme 5 lebih unggul ketimbang Vivo Y17 untuk urusan fotografi.

Realme 5 seperti juga sudah kami ulas sebelumnya, handset tersebut hadir dengan empat kamera di bagian belakang. Angka-angka kamera Realme 5 sendiri yang disebut sebagai AI quad camera masing-masing berukuran 12 MP PDAF f/1.8, 8 MP wide angle f/2.25, lensa makro 2 MP f/2.4, dan lensa depth sensor 2 MP. Berada di bagian depan, Realme 5 disematkan kamera depan 13 MP dengan aperture diperbesar menjadi f/ 2.0.

Perbandingan empat kamera utama Realme 5 (kiri) dengan Vivo Y17 yang hanya memiliki tiga kamera utama (kanan). (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Beralih ke Vivo Y17, handset tersebut harus mau mengakui kelemahannya untuk sektor kamera utama ketimbang Realme 5. Betapa tidak, Realme 5 yang hadir dengan empat kamera jelas lebih mencolok dibandingkan Vivo Y17 yang hanya tiga kamera utama saja.

Rincian kamera Vivo Y17 untuk kamera belakangnya masing-masing mempunyai sensor 13 MP f/2.2 PDAF, 8 MP f/2.2 16 mm (ultrawide), dan 2 MP f/2.4 depth sensor. Meski kalah jumlah di sektor kamera utama, Vivo Y17 unggul pada sektor kamera selfie. Jika Realme 5 hanya hadir dengan kamera selfie 13 MP, Vivo Y1 hadir dengan kamera selfie 20 MP f/2.0.

Dari aspek kamera, kedua perangkat membawa keunggulan dan kekurangan masing-masing. Realme 5 misalnya, unggul dari segi jumlah yang lebih banyak dengan tambahan lensa makro. Dari segi desain, empat kamera juga lebih mentereng. Sementara Vivo Y17 meski hanya hadir dengan tiga kamera utama, handset ini unggul di sektor kamera selfie yang lebih besar ketimbang Realme 5.

Jawabannya siapa yang lebih unggul? Tergantung, kamu mau menang jumlah atau kualitas kamera selfie di bagian depan yang lebih besar. Tentukan sendiri.

Meski begitu, berdasarkan pengujian kami pada kedua perangkat di sektor kamera, Realme 5 juga unggul berkat fitur nightscape dan chroma boost selain jumlah kamera yang lebih banyak. Kedua fitur tersebut sudah pernah kami ulas sebelumnya dengan kemampuan membantu meningkatkan eksposur dalam pencahayaan redup yang ekstrem yang tidak bisa dilakukan Vivo Y17. Lihat saja perbandingan foto pada kedua perangkat tersebut di akhir artikel.

Baterai, Security, dan Harga

Perbandingan terakhir yang ingin JawaPos.com ulik adalah dari segi baterai, fitur keamanan (security), dan apalagi kalau bukan urusan kantong. Baik Realme 5 ataupun Vivo Y17 dari sektor catu daya dibekali dengan baterai yang sama gambot alias sama besar yakni 5.000 mAh.

Dengan baterai segitu, user tentu leluasa menggunakan perangkat untuk beragam kebutuhan tanpa takut kehabisan daya sepanjang hari. Tren baterai besar sendiri dimulai awal tahun dengan kehadiran Samsung Galaxy M Series dan Asus Zenfone Max Pro M2.

Menyuplai daya baterai yang besar pada handset Realme 5, sistem pengisian daya 10 W disematkan. Dalam paket pembelian juga tersedia 5V2A adapter charger.

Sementara untuk keamanannya, Realme 5 hadir dengan fitur yang terbilang komplet. Sebut saja fitur face unlock dan fitur keamanan biometrik seperti fingerprint scanner hadir pada perangkat ini. Sistem keamanan tersebut merupakan pelengkap dari yang sudah ada seperti nomor sandi dan pola.

Fitur face unlock-nya cepat dibandingkan dengan metode unlock lainnya. Begitu pun fingerprint-nya yang multifungsi ini dapat membuka Realme 5 dengan sangat cepat. Fitur keamanan fingerprint di Realme 5 juga memiliki medan sentuh yang terbilang luas dan sensitif di keseluruhan areanya.

Dari segi harga, perangkat terbilang hadir dengan banderol yang kompetitif melihat segmen yang ditujunya dan lawan-lawannya di pasaran. Realme 5 di pasaran ditawarkan dengan tiga pilihan harga sesuai dengan kapasitas penyimpanan RAM/ROM, yakni 3/32 GB, 3/64 GB, dan 4/128 GB. Adapun harganya masing-masing yakni Rp 1,9 jutaan, Rp 2,1 jutaan, dan Rp 2,6 jutaan.

Terakhir untuk Vivo Y17. Urusan daya baterai, Vivo Y17 juga hadir dengan baterai yang sama besar jika dengan Realme 5 yakni 5.000 mAh. Urusan baterai, Vivo Y17 sudah dibekali dengan sistem pengisian daya fast battery charging 18 W. Kalau dibandingkan dengan Realme 5, sistem pengisian daya tersebut mampu melakukan pengecasan lebih cepat.

Sama seperti Realme 5, aspek selanjutnya yang mana adalah aspek keamanan. Vivo Y17 juga hadir dengan sistem keamanan yang sama dengan Realme 5. Sistem keamanan dimaksud adalah pilihan keamanan standard seperti PIN dan pola. Sementara untuk fitur keamanan biometrik, perangkat ditambahkan dengan fitur face ID dan fingerprint yang terletak di bagian belakang dengan area sentuh yang dibuat membulat. Pada perangkat Vivo S1, respons keamanan Face ID-nya terbilang cepat. Pun juga dengan fingerprint-nya.

Sementara untuk urusan kantong, Vivo Y17 di Indonesia seperti sudah diulas di atas, handset ini hanya melenggang dengan satu varian RAM/ROM saja, yakni 4/128 GB yang dilepas dengan harga saat peluncuran sekitar Rp 2,9 jutaan.

Atas adu teknis kedua perangkat Realme 5 dan Vivo Y17 tersebut, apakah sudah ada gambaran perangkat mana yang akan kamu pilih jika berencana meminang dua pilihan smartphone tersebut? Semua memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan keuangan kamu.

Berikut perbandingan hasil jepretan kamera smartphone Realme 5 dengan Vivo Y17:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *