Pusat Vaksin RS Azra Dilengkapi Vaksin Meningitis

PARIPURNA: Jajaran direksi RS Azra saat Grand Launching Vaksin Center di Training Center RS Azra Gedung B Lt. 1, Bogor, Rabu (26/6).

BOGOR – Vaksinasi mampu mencegah seseorang dari berbagai penyakit menular yang juga berisiko mematikan. Adapun vaksin bekerja dengan menimbulkan antibodi, dengan memberikan antigen berupa bakteri atau virus tertentu yang sudah dilemahkan sehingga dapat mengetahui, mengingat dan menghancurkan kuman atau penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Tubuh pun dapat dengan mudah mengenali, dan mencegah benda asing yang nantinya masuk dan menyerang tubuh. Dengan fungsi dan cara kerja tersebut vaksin tidak hanya baik untuk anak-anak, tapi juga orang dewasa.

Bacaan Lainnya

Rumah Sakit (RS) Azra yang berlokasi di Jalan Pajajaran No.219, Bogor Utara, Kota Bogor ini sudah dilengkapi dengan pelayanan beragam macam vaksin di antaranya Meningitis, Influenza, Serviks, Yellow Fever, Pneumonia, Difteri, Hepatitis, MMR (Campak, Rubela, Gondongan) dan lainnya.

GM Pengembangan Bisnis RS Azra, M.Iqbal menjelaskan, beragam vaksin yang tersedia di RS Azra adalah vaksin yang terjamin keasliannya, dan dengan beragam jenis layanan vaksin lengkap yang telah dimiliki RS Azra menjadi pusat vaksin dan bisa menjadi rekomendasi bagi orang tua yang memiliki bayi untuk tidak ragu melakukan vaksinasi di RS Azra.

“Vaksin yang dimiliki RS Azra terjamin higienis, dan disalurkan dari distributor vaksin terpercaya dan terjamin keasliannya, kami harapkan masyarakat tak usah ragu untuk melakukan vaksin di RS Azra,” kata GM Pengembangan Bisnis RS Azra, M.Iqbal.

Selain melayani vaksin terlengkap, kini RS Azra melayani Vaksin Meningitis bagi calon jamaah haji dan umrah.
Menurutnya, meningitis merupakan penyakit yang mudah ditularkan melalui air liur atau udara. Pemberian suntikan vaksin tersebut harus dilakukan sebelum melakukan perjalanan ke luar Indonesia. Penyediaan layanan vaksin meningitis dan influenza tersebut ditandai dengan adanya Peresmian Vaksin Center di Gedung B Lantai 1 RS Azra, Bogor, Rabu (26/6).

Menurut Wakil Direktur Medis RS Azra, dr. Jeffry Rustandi, sejak berdirinya RS Azra baru kali ini ada layanan Vaksin Meningitis bagi masyarakat calon jamaah haji dan umrah. Layanan Vaksin Meningitis ini juga bertujuan untuk meningkatkan layanan haji dan umrah agar lebih maksimal. “Layanan meningitis yang disediakan di RS Azra sangat fleksibel, karena selain mengikuti jam kerja dan juga bisa dilakukan di hari libur dengan perjanjian,” kata dia di sela-sela acara.

Dia merasa bersyukur pelayanan Meningitis sudah dilaksanakan di RS Azra.

“Kami berharap pelayanan di sini memiliki keunggulan yang lebih tanpa mengurangi atau membebani masyarakat dalam hal pembiayaan,” sambungnya.

Manager Medis RS Azra, dr. Dieni Ananda Putri menambahkan, perlunya melakukan Vaksin Meningitis minimal dua minggu sebelum keberangkatan. Waktu pemberian Vaksinasi Meningitis ini disuntikkan di area lengan kanan atas dengan dosis tunggal 0,5 ml, dan Vaksin Meningitis ini bisa memberikan kekebalan hingga tiga tahun.

“Vaksin Meningitis merupakan syarat yang ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi bagi setiap warga negara yang akan pergi ke sana untuk melaksanakan ibadah umrah dan haji. Vaksin Meningitis adalah vaksin wajib yang harus dilakukan calon jamaah umrah, untuk melindungi risiko tertular Meningitis Meningokokus, suatu infeksi yang terjadi pada selaput otak dan sumsum tulang belakang,” kata dia.

dr. Dieni menjelaskan, selama ini untuk mendapatkan akses Vaksin Meningitis itu, masyarakat harus antre dan panjang.

“Namun, dengan adanya keberadaan layanan ini di RS Azra, maka calon jamaah tak perlu repot dan calon jamaah yang sudah divaksin ini akan diberikan kartu kuning,”tuturnya.

Adapun persyaratan untuk vaksin Meningitis adalah calon peserta cukup membawa fotocopy Passport, Passport Asli dan fotocopy KTP satu lembar.
Sementara itu, Penanggung Jawab Poli Vaksin, dr Bambang Iriansyahri menambahkan, pelayanan Poli Vaksin buka mulai Senin hingga Sabtu pukul 09.00–14.00 WIB. Dirinya mengapresiasi kehadiran layanan Vaksin Meningitis di RS Azra.

“Insya Allah layanan Vaksin Meningitis di RS Azra akan bermanfaat bagi umat Islam yang ingin tenang beribadah di Tanah Suci. Kami yakin masyarakat akan senang dengan kehadiran layanan Vaksin Meningitis di RS Azra,” tutupnya.

(*/sri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *