PLN Gelontorkan Rp2,27 Miliar, Hadirkan Listrik di Pelosok

  • Whatsapp
PT PLN UP3 Sukabumi
PT PLN UP3 Sukabumi saat menggelar peresmian penyalaan dan pengoperasian jaringan listrik di Kecamatan Tegal Buleud

SUKABUMI – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 RI, PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sukabumi, meluncurkan program listrik pedesaan dengan menyasar daerah yang belum teraliri listrik.

Manager PT PLN UP3 Sukabumi, Ichwan Sahroni mengatakan, PLN sudah menghadirkan listrik dibeberapa kampung yakni, Kampung Caringin, Kampung Sukasirna, Kampung Cikuya Desa Nangela, Kecamatan Tegal Buleud, Kabupaten Sukabumi. Kini, 176 kepala keluarga (KK) bisa menikmati listrik untuk mendukung berbagai aktivitas produktif dan meningkatkan perekonomian desa.

Bacaan Lainnya

“Peresmian penyalaan dan pengoperasian jaringan listrik di kampung tersebut dilakukan tepat pada HUT RI,” kata Ichwan kepada Radar Sukabumi, Rabu (18/8).

Dalam menghadirkan listrik di kampung tersebut, lanjut Icwan, PLN mengalokasikan dana Rp2,27 miliar. Dana tersebut untuk membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 4,9 kilometer sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 10 kms dan 2 Gardu Distribusi dengan total kapasitas 200 atau (2×100) kilo Volt Ampere (kVA).

“Didorong optimisme untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan infrastuktur kelistrikan dan kolaborasi seluruh stakeholder, kami berhasil menyelesaikan jaringan listrik yang dalam proses pembangunannya penuh tantangan,” ujarnya.

Salah satunya yaitu, lokasi desa yang terpencil dimana kondisi insfrastruktur jalan belum beraspal dan bergelombang, mendaki dan menurun serta lahan di lokasi berbatu cadas.

Selain itu, tidak ada jembatan untuk melintasi sungai sehingga pada saat hujan dan aliran sungai deras, kendaraan maupun orang tidak bisa lewat untuk membawa material seperti tiang dan kabel.

“Banyak kendala yang dihadapi PLN dalam perjuangan melistriki pelosok negeri, salah satunya ketersediaan infrastruktur jalan. Sebab itu, kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang turut bekerja sama dalam meneragi desa ini,” ungkapnya.

Ichwan berharap, energy listrik dapat bermanfaat dalam kehidupan warga. “Hari ini adalah bukti komitmen PLN menerangi pelosok negeri, harapannya memiliki manfaat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat terutama pendidikan dan perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *