Pasokan Tersendat, Harga Bawang Mewangi

  • Whatsapp
ILUSTRASI

SUKABUMI – Harga Komiditi sayuran jenis bawang merah dan bawang putih di sejumlah pasar tradisional di Kota Sukabumi mengalami lonjakan. Besaran kenaikan harganya dikisaran Rp3 ribu sampai Rp5 ribu.

” Iya harga bawang merah dan bawang putih naik. Bawang merah dari harga Rp. 21 ribu perkilogram menjadi Rp. 26 ribu perkilogram Sedangkan bawang putih dari Rp 17 ribu menjadi Rp 19 ribu,” ujar salah seorang pedagang di Pasar Statiun Timur Kota Sukabumi, Aziz.

Bacaan Lainnya

Kenaikan harga bawang tersebut terjadi selama dua pekan . Faktor yang menyebabkan terjadi kenaikan dikarenakan keterlambatan pasokan dari distributor.

“Kalau pasokan cukup berlimpah, cuman kata beberapa distributor, kenaikannya diakibatkan pasokan dari sejumlah daerah terjadi keterlambatan pengiriman barang, namun tidak tau karena faktor apa,” jelasnya.

Selain itu, dirinya mengatakan kenaikan harga bawang tersebut belum mempengaruh daya beli masyarakat. Dan saat ini masih mengalandalkan pelanggan dari ibu rumah tangga.

Sementara itu, Seorang pedagang sayuran lainnya, Tommy mengungkapkan, pemerintah atau dinas terkait untuk segera mengantisipasi lonjakan harga bawang, karena sudah mulai terasa dampaknya.

“Saat ini kan sudah mulai memasuki musim hujan, biasanya daerah-daerah penghasil bawang mengalami gagal panen karena banjir, dan pasti mempengaruhi harga, bahkan bisa terjadi kelangkaan,” pungkasnya. (Bal)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *