Mengenal Bagian Komponen Rem Cakram Sepeda Motor

Rem Cakram Motor

RADAR SUKABUMI – Setiap kendaraan memiliki perangkat pengereman yang bekerja untuk memperlambat dan menghentikan putaran roda sehingga laju kendaraan dapat diturunkan dan dihentikan. Setiap sepeda motor dilengkapi dengan rem depan dan rem belakang.

Namun untuk sistem pengereman terdapat 2 jenis pengereman, diantaranya rem tromol dan juga cakram. Cara kerja rem cakram adalah beberapa komponen yang terbilang cukup kompleks menjepit sebuah media berupa piringan atau cakram sehingga roda yang berputar dapat diperlambat atau dihentikan secara sempurna.

Bacaan Lainnya

Karena ada banyak komponen pada sistem pengereman model cakram untuk itu, berikut ini beberapa nama komponen pada perangkat pengereman model cakram , diantaranya :

Honda Promo September 2023

1. Caliper : Komponen ini berfungsi untuk mengubah tekanan hidrolik menjadi energy gerak berupa tekanan.

2. Piston : Pada sistem rem cakram, piston berfungsi untuk menekan plat kampas rem sehingga kampas rem bisa menjepit cakram secara merata. Komponen ini berbentuk silinder.

3. Cakram : Cakram atau disc berfungsi sebagai media yang akan bergesekan dengan kampas rem agar putaran roda dapat dihentikan. Komponen ini menempel pada velg dan menjadi satu kesatuan yang bisa dilepas dan dipasang kembali.

4. Piston Seal : Komponen berbahan karet ini bekerja untuk mencegah terjadinya kebocoran minyak rem pada caliper.

5. Nipple Bleed : Komponen ini berfungsi untuk membuang kandungan udara yang ada dalam sistem hidrolik rem.

6. Brake Pad : Brake pad atau kampas rem merupakan komponen yang bekerja untuk memberikan gaya gesek pada cakram. Komponen ini terbuat dari bahan organic, keramik, dan metal.

7. Bracket Caliper : Bagian ini berfungsi sebagai pengikat atau pegangan kaliper rem agar tak bergerak.

“Sama seperti bagian sepeda motor lainnya, sistem pengereman model cakram tentu memerlukan perawatan dan pemeriksaan secara berkala agar tetap bekerja secara optimal.

Karena itu, lakukanlah pemeriksaan dan perawatan sepeda motor secara rutin ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan secara menyeluruh dari mekanik Honda yang sudah berpengalaman,” ujar Ade Rohman selaku Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora. **

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *