EKONOMI

Lima Langkah Agar Segera Punya Rumah

JAKARTA – Memiliki rumah bukanlah perkara gampang bagi sebagian orang. Ada yang harus berhemat mati-matian hingga nekat berutang demi mempunyai rumah. Namun, sebenarnya ada beberapa cara sederhana agar Anda bisa membeli rumah.

Situs properti Realtor memberikan beberapa kiat supaya keinginan membeli rumah menjadi kenyataan. Akan tetapi, Anda harus benar-benar disiplin, terutama mengatur pemasukan dan pengeluaran.

Lima langkah mudah agar Anda bisa segera membeli rumah itu adalah pertama, buat tabungan uang muka.
Anda harus segera membuat tabungan terpisah untuk menabung uang muka atau down payment (DP).

Sisihkan sebanyak mungkin yang Anda bisa dari pemasukan. Sembari menabung, Anda bisa terus mencari rumah idaman. Setelah menemukan rumah idaman dan uang muka cukup, Anda bisa segera membeli.

Kedua, kurangi utang. Langkah selanjutnya adalah Anda harus belajar hidup sederhana. Anda hanya perlu mengurangi kebiasaan tidak penting yang bisa membebani pengeluaran.

Kemudian, belajar untuk terampil memperbaiki barang-barang di rumah. Hal itu akan berguna jika Anda nantinya sudah memiliki hunian pribadi. Terakhir, rajin mencari via online atau blusukan.

Anda harus rajin mencari rumah via marketplace, pameran perumahan, agen properti, dan lainnya. Cara lainnya adalah blusukan. Kalau punya waktu luang, Anda bisa mencoba mencari rumah murah di sekitar rumah orang tua, saudara, dan lainnya. Siapa tahu kamu menemukan rumah murah.

 

(mys/jpc/jpnn)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button