Kerja Keras Bebas Cemas Made In BPJS Ketenagakerjaan, Perangkat Desa Kabupaten Sukabumi Terlindungi Jaminan Sosial

SERIUS: Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman memimpin Rapat Lanjutan Pembahasan Program Kerja BPJS Ketenagakerjaan bertempat di Pendopo Sukabumi, Kamis 14 September 2023.(ist)
SERIUS: Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman memimpin Rapat Lanjutan Pembahasan Program Kerja BPJS Ketenagakerjaan bertempat di Pendopo Sukabumi, Kamis 14 September 2023.(ist)

SUKABUMI – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan terus memberikan informasi dan edukasi, tentang kemanfaatan program yang dilakukan secara kontinyu dan masif ke masyarakat. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti penting dan manfaat jaminan sosial bagi masyatakat itu sendiri, baik yang bersifat perorangan maupun komunitas (kelompok).

BPJS Ketenagakerjaan berupaya untuk terus menambah jumlah kepesertaannya melalui salah satu programnya yaitu Kerja Keras Bebas Cemas (KKBC), di mana target akhir kepesertaan di tahun 2026 mencapai 70 juta peserta. Demikian juga secara intens dikampanyekan di Sukabumi.

Bacaan Lainnya

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi, Oki Widya Gandha memimpin langsung kampanye KKBC melalui seluruh platform media cetak maupun online, demikian juga melalui media elektronik.

Kampanye KKBC ini dimaksudkan sebagai upaya untuk memberikan informasi kepada masyarakat, terutama para pekerja khususnya pekerja sektor informal supaya mereka mengetahui informasi yang berkaitan dengan program yang diselenggarakan oleh BPJS ketenagakerjaan secara meyeluruh.

“Pada kesempatan kali ini kami ingin menyebarluaskan informasi khusus tentang BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya kepada Radar Sukabumi.

KKBC ini dikampanyekan oleh seluruh cabang BPJS Ketenagakerjaan se-Indonesia melalui berbagai macam kegiatan dan platform. Seperti sosialisasi di pasar, melalui platform seperti billboard atau videotron dan juga melalui radio.

Saat ini banyak pekerjaan yang bisa dilakukan secara mandiri mulai dari usaha yang berbasis online atau usaha lainnya. Di mana setiap jenis pekerjaan memiliki risiko-risiko yang mungkin terjadi. Oleh karena itu pentingnya BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan perlindungan kepada para pekerja.

Dijelaskan Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi, hendaknya para pekerja mengetahui perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan perlindungan dasar yang wajib dimiliki oleh setiap pekerja. Karena apa yang akan terjadi tidak akan ada yang mengetahui kapan dan di mana resiko terjadi.

“Kami berharap BPJS Ketenagakerjaan menjadi kebutuhan wajib bagi para pekerja, karena manfaat yang diterima jika mengalami resiko sangat bermanfaat bagi pekerja terutama. Iuran yang dibayarkan sangat terjangkau, cukup Rp36.800 per bulan sudah berhak mendapatkan perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT),” paparnya.

Lebih lanjut Oki menjelaskan bahwa manfaat dari program JKK ini mulai dari perawatan dan pengobatan yang tentu sesuai dengan indikasi medis, homecare service. Jika meninggal akibat kecelakaan kerja mendapatkan santunan 48 kali upah, santunan sementara tidak mampu bekerja selama 12 bulan pertama mendapatkan 100 persen upah hingga program kembali bekerja atau Return To Work (RTW).

Sedangkan manfaat progam JKM yaitu santunan sebesar Rp42 juta dan beasiswa untuk dua orang anak mencapai Rp 174 juta. Manfaat beasiswa ini didapatkan mulai dari tingkat TK sebesar Rp1.500.000 per orang per tahun, tingkat SD sebesar Rp1.500.000 per orang per tahun, tingkat SMP sebesar Rp2.000.000 per orang per tahun, tingkat SMA sebesar Rp3.000.000 per orang per tahun dan tingkat kuliah atau strata 1 sebesar Rp12.000.000 per orang per tahun.

“Kemudian untuk manfaat program JHT yaitu tabungan yang bisa diambil kembali oleh para pekerja selama menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan ditambah dengan pengembangan yang nilainya diatas rata-rata bunga bank dimana tabungan ini bisa diambil kapanpun asalkan pekerja sudah tidak bekerja lagi,” tegasnya.

Oki Widya Gandha menekankan bahwa program ini sangat besar manfaatnya, dengan iuran yang sangat terjangkau, kita dapat bekerja dengan keras dan pasti terbebas dari kecemasan, serta tidak perlu hawatir jika megalami risiko saat bekerja. Harus diketahui bersama bahwa BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan sudah berbadan hukum publik yang tidak mencari keuntungan dari peserta, sehingga peserta tidak perlu khawatir terkait iuran yang dibayarkannya.

“Mari para pekerja yang berada di wilayah Sukabumi, daftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, banyak cara untuk menjadi peserta mulai dari datang ke kantor, melalui website resmi, yaitu www.bpjsketenagakerjaan.go.id, alamat kantor Jalan R Syamsudin Nomor 48-51, Cikole, Kota Sukabumi, atau juga bisa melalui agen-agen resmi dari BPJS Ketenagakerjaan,” ucapnya.

Terbosan juga dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi dalam hal perlindungan terhadap seluruh perangkat desa yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi. Dalam rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman pembahasan sudah sampai pada mekanisme pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan dari pemerintah desa, bertempat di Pendopo Sukabumi, Kamis, (14/9/2023).

Ade Suryaman mengungkapkan bahwa perlindungan semua aparat desa sangatlah penting dan sangat berguna bagi mereka, terutama bila peserta mengalami kecelakaan atau bahkan sampai meninggal dunia.

“Maka peserta mendapatkan jaminan atau ahli warisnya tersebut akan menerima manfaat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan, Oki Widya Gandha mengucapkan terimakasih sekaligus memberi apresiasi kepada Pemkab Sukabumi yang telah memfasilitasi antara pihak aparatur desa dengan BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi.

“Alhamdulillah, kami ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Pemkab Sukabumi. Tadi pak sekda telah memberikan arahan yang sangat positif untuk ke depannya. Semoga ini berjalan dengan baik dan sesuai harapan kita bersama,” tandasnya. (sri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *