EKONOMI

Kades Sukajaya Akui Lebih Bergairah Sejak Hadir BUMN Shop

RADARSUKABUMI.com, SUKABUMI— Kepala Desa Sukajaya Deden Gunaipi mengatakan setelah ada kerjasama antara BUMDes Terus Jaya Sehati dengan BUMNShop ini perekonomian lebih bergairah, karena masyarakat senang karena jika butuh sesuatu tinggal datang ke BUMNShop ini.

“Alhamdulillah, kita jadi lebih bergairah lagi dengan adanya BUMN Shop dan Perta Shop ini. Masyarakat juga senang dan merasakan manfaatnya,” ungkapnya.

Dijelaskan Deden, BUMN Shop sendiri merupakan transformasi dari Bumdes Shop yang sudah lebih dulu ada. Setelah terlibatnya Kementerian BUMN, Bumdes akhirnya memiliki produk tidak hanya hasil olahan lokal warga setempat juga produk-produk milik perusahaan BUMN seperti obat-obatan dari Kimia Farma, Bulog untuk daging dan beras, Pertamina dan pupuk serta produk lainnya.

2019 Kementrian BUMN Targetkan 176 Outlet BUMN Shop Hadir di Sukabumi

Lanjutnya, peningkatan pendapatan desa pun meningkat menjadi sekira 16 persen. Sebelum adanya kerjasama dengan BUMN, pihak Desa Sukajaya sudah membuat sebuah program bernama Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang sudah beroperasi tiga tahun terakhir. Namun dengan adanya kerja sama BUMN kini Desa Sukajaya memiliki kelengkapan kebutuhan yang lebih lengkap untuk masyarakat Desa Sukajaya.

Dikatakannya, Di BUMNShop tersebut dijual berbagai barang produk BUMN seperti beras, gula, tepung, obat, BBM, BBG hingga daging pun dijual di sini. Tidak hanya menjual produk BUMN, disini juga menjual berbagai produk UKM hasil warga Desa Sukajaya.

“BUMNShop ini tidak mematikan usaha kecil yang ada di daerah kami malah sangat membantu karena harganya grosir tetapi bisa membeli dalam bentuk eceran. Selain itu, pulsa telepon dan jaringan internet pun kami menyediakan sehingga masyarakat desa tidak perlu jauh datang ke kota untuk membeli kebutuhan sehari-hari,” katanya.

Genjot Perekonomian Desa, Menteri Rini Hadirkan BUMN Shop

Selain itu, Masyarakat juga bisa menikmati layanan telekomunikasi dan internet dari PT Telkom Indonesia disediakan Wifi Corner untuk masyarakat desa.

Selain itu ada juga layanan simpan pinjam dari BNI, intinya apa-apa saja kekuatan produk-produk di pedesaan yang bisa jadi unggulan kita ada selain itu masyarakat bisa nabung, narik uang tanpa harus pergi ke kota ini jelas lebih ekonomis menurukan biaya pengeluaran masyarakat di desa-desa. (wdy)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button