Harga Cabai di Kota Sukabumi Makin Anjlok

Cabai-Sukabumi-Pedas
Salah seorang pedagang cabai di pasar tradisional Kota Sukabumi saat melayani pembeli

SUKABUMI – Harga komuditas cabai di Pasar Pelita dan Tipar Gede Kota Sukabumi, terus mengalami penurunan. Terbukti, dari data yang tercatat Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag), saat ini harga Cabe merah keriting turun dari Rp38.000 jadi Rp36.000 per kilogram.

Kepala seksi Perdagangan Dalam Negeri Diskumindag Kota Sukabumi, M. Rifki menjelaskan, penurunan harga sudah terjadi beberapa hari terakhir akibat pasokan permintaan konsumen berkurang sehingga berdampak terhadap penurunan harga. “Saat ini memang harga cabai besar hijau turun Rp2.000 per kilogramnya,” kata Rifki kepada Radar Sukabumi, Senin (11/9).

Bacaan Lainnya

Rifki menerangkan, apabila permintaan terus mengalami penurunan maka akan berdampak juga terhadap penurunan harga Bapokting.

“Ya, karena yang mengakibatkan turun naiknya harga itu tergantung jumlah permintaan konsumen kalau misalkan permintaan naik maka harga juga akan melonjak,” bebernya.

Adapun, harga Bapokting lainnya saat ini terpantau masih stabil seperti, Beras Ciherangr Cianjur 1 Rp14.000, Beras Ciherang Cianjur ll Rp13.500, Beras Ciherang Sukabumi Rp13.500, beras premium kls I Rp14.000, Medium lokal terendah Rp13.000 per kilogram. “Harga beras saat ini masih stabil dan pasokannya pun masih cukup aman,” cetusnya.

Ia menambahkan, pengawasan terhadap Bapokting terus dilakukan dan hingga saat ini ketersediaan barang masih tergolong aman serta lancar, dan flutukatif harga masih dalam batas kewajaran. “Setiap hari kami melakukan pemantauan harga Bapokting dan juga memastikan untuk stok masih aman,” pungkasnya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *