Harga Bawang Merah dan Tomat Anjlok

Seorang pedagang sayuran, Sukatma (61) di pasar tradisional Pangleseran, Desa Kertaraharja, Kecamatan Cikembar saat menyortir bawang merah.

EKONOMI BISNIS – Harga bawang merah dan tomat di pasar tradisional Pangleseran, Desa Kertaraharja, Kecamatan Cikembar mulai menurun. Ini karena pasokan barang melimpah, mengingat sekarang ini sudah memasuki musim panen.

Seorang pedagang sayuran, Sukatma (61) mengatakan, harga tomat turun dari harga Rp10 ribu menjadi Rp5 ribu perkilogram. Sementara bawang merah, sebelumnya diangka Rp23 ribu turun menjadi Rp18 ribu perkilogram. “Harga tomat dan bawang ini turun secara serantak,” jelas Sukatma kepada Radar Sukabumi, kemarin (26/9).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, anjloknya harga tomat dan bawang merah ini sekitar dua pekan lalu. “Stoknya melimpah tapi yang beli sedikit, apalagi yang namanya buah kalau kelamaan membusuk,” ujarnya.

Pedagang lainnya, Supri Al-Mukarom (55) menjelaskan, semenjak menurunnya harga tomat dan bawang merah ini, para petani di Sukabumi harus bersaing menjual tomat dan bawang merah dengan harga murah. “Untuk permintaan bawang merah dan tomat lumayan banyak. Satu hari bisa menjual sekitar 10 sampai 15 kilogram,” jelasnya.

Akibat turunnya harga tomat dan bawang merah ini, sambung Supri, penghasilannya pun menurun otomatis. “Biasanya perhari saya bisa menghasilkan Rp4 juta. Namun, setelah penurunan harga ini hanya Rp3 sampai Rp3,5 juta perharinya,” ujarnya.

Kepala Bidang Perdagangan dan Tertib Niaga Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi, Ela Nurlaela membenarkan terkait harga tomat dan bawang merah mengalami penurunan. “Kalau musim panen, pasti harga sayuran itu turun. Karena stoknya melipah,” katanya.

Menurutnya, harga sayuran di sejumlah pasar tradisional yang ada di Kabupaten Sukabumi tergantung pada pasokan dari petani dan pasar. “Jika pasokan sedikit harga bisa meningkat drastis,” imbuhnya.

Pihaknya memprediksi harga tomat dan bawang merah ini akan mengalami peningkatan secara bertahap dalam waktu dekat. “Biasanya kalau musim hujan harga tomat dan bawang merah akan mengalami peningkatan. Karena pada musim itu, stok barang berkurang,” pungkasnya. (Den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *