Hanya 3 Persen UMKM Melek Internet, Diskop UKM-PP Ajak Pelaku Usaha Terbuka

SUKABUMI – Jumlah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Kota Sukabumi yang memanfaatkan kecanggihan teknoogi seperti internet, untuk menjual produk masih minim.

Berdasarkan catatan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (Diskop UKM-PP) Kota Sukabumi, dari sekitar 18 ribu lebih UMKM yang ada di dinasnya, hanya tiga persen UMKM yang faham menjual produk melalui internet.

Bacaan Lainnya

“Memang benar, UMKM yang tercatat di kita sekitar 18 ribu lebih, namun dari ribuan UMKM itu hanya tiga persen yang paham atau melek pemasaran melalui internet,”ungkap Kepala Diskop UKM-PP Kota Sukabumi, Ayep Supriatna saat dikonfirmasi Radar Sukabumi, kemarin (1/11).

Dirinya menyayangkan kondisi tersebut. Apalagi menurutnya, pertumbuhan teknologi informasi harus dikuasai. Pelaku UMKM harus tertantang untuk memasarkan produk melalui media daring atau online.

“Dengan masyarakat paham pemasaran melalui internet, maka itu akan membantu pada peningkatan daya beli dan pemasarannya pun akan lebih luas lagi,” katanya.

Rata-rata, produk yang dihasilkan UMKM mulai dari makanan, pakaian hingga kerajinan.

“Saat ini perkembangan teknologi terus berkembang, dan sangat membantu meringankan tugas masyarakat termasuk dalam bertransaksi ekonomi,”terangnya.

Ayep berjanji akan terus mendorong para pelaku UMKM di Kota Sukabumi untuk melek teknologi.

“Kami menghimbau para pelaku usaha untuk bisa terbuka, dan menguasai perkembangan teknologi informasi. Terutama dalam memasarkan produknya melalui media online,”ucapnya.

Karena, kata Ayep, untuk meningkatkan penjualan tidak hanya dilihat dari model, rasa dan penampilan saja. Tapi, masyarakat sebagai pelaku usaha juga dituntut untuk melek teknologi.

“Pemasaran produk online ini adalah bagian dari program UKM naik kelas, serta bagian dari upaya menjadikan Kota Sukabumi sebagai smart city,” tutupnya. (wdy)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *