FIFGROUP Cerdaskan Masyarakat dengan Literasi Keuangan

FIFGROUP National Media Competition 2023
PELAYANAN PRIMA: Usher booth FIFGROUP yang dikenal dengan FIFGROUP Angels sedang menjelaskan informasi mengenai brand services yang hadir di FIFGROUP.(Ist)

SUKABUMI – Permasalahan utama yang terjadi di masyarakat, terutama dalam pengelolaan keuangan adalah masih kurangnya pemahaman bagaimana cara untuk mengelola keuangannya secara baik dan benar, yang sesuai dengan kebutuhan serta manajerialnya. Untuk itu, masyarakat perlu mendapatkan pemahaman secara menyeluruh yang berkenaan dengan literasi keuangan.

Literasi keuangan menjadi penting bahkan harus menjadi pondasi yang mampu memperkuat supaya mayarakat dapat berprilaku dengan bijak serta dapat mengambil keputusan finansial secara tepat. Pemahaman literasi keuangan ini dimaksudkan sebagai upaya untuk memberikan pencerahan dan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat tentang keuangan.

Bacaan Lainnya

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi mengatakan bahwa tantangan bangsa Indonesia saat ini sangat besar. Dengan jumlah penduduk lebih dari 270 juta orang, bangsa kepulauan yang berjumlah 17 ribu.

Masih di tambah lagi dengan kemajuan dan perkembangan era digital, dimana lebih dari 200 juta penduduk di Indonesia ini sudah mengakses internet, namun kurang dibarengi dengan pemahaman yang baik tentang literasi digital, termasuk didalamnya literasi keuangan.

“Atas dasar hal tersebut, saat ini setidaknya terdapat tiga kerentanan utama yang sering terjadi di masyarakat akibat kurangnya pemahaman literasi keuangan, yaitu tingkat pengaduan konsumen yang semakin meningkat, maraknya aktivitas keuangan ilegal, serta kendala pemahaman akses permodalan khususnya untuk UMKM,” tutur Friderica Widyasari Dewi  melalui keterangan resminya, baru-baru ini.

Pemahaman literasi keuangan ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, melainkan tugas semua komponen masyarakat yang bersinggungan langsung maupun tidak langsung dengan masalah keuangan. Seperti yang telah dilakukan oleh FIFGROUP yang terus konsisten mengedukasi masyarakat tentang literasi keuangan.

Sebagaimana disampaikan Operation Director FIFGROUP, Setia Budi Tarigan, sebagai salah satu perusahaan pembiayaan yang juga termasuk dalam pelaku usaha jasa keuangan (PUJK), perseroan memahami tanggung jawabnya bukan hanya masalah bisnis semata, namun juga harus berorientasi pada perlindungan dan kesejahteraan konsumen.

“Niscaya dengan pemahaman yang baik tentang produk dan layanan yang digunakan, maka masyarakat pasti akan mampu mengambil keputusan yang tepat dan bijaksana hal yang terkait dengan keputusan finansial,” terang Setia.

Eksistensi FIFGROUP sebagai salah satu anak perusahaan anak perusahaan PT Astra International Tbk, yang sudah berusia 34 tahun menandakan bahwa perusahaan ini eksis dan mampu bertahan selama ini, tidak lain karena melihat betapa pentingnya masyarakat sebagai mitra yang saling menguntungkan satu dengan yang lain. Untuk itu, FIFGROUP menyadari keberadaan dan kepercayaan masyarakat yang paling penting dan 34 tahun bukan waktu yang pendek untuk perjalanan perusahaan pembiayaan.

Sebagai ungkapan rasa syukur tersebut, tidak mengherankan dalam puncak HUT-nya yang ke-34 tahun ini, FIFGROUP memanjakan masyarakat, mulai dari sajian 50 kuliner legendaris yang berasal dari berbagai daerah, tari diorama keindahan budaya Indonesia dari berbagai daerah, Zumba Party, Festival Marawis dan Seni Hadroh, Helmet Painting Competition, Cosplay & Coswalk Contest + Photo Competition, Food Photography dan Videography Competition serta Undian Berhadiah yang menambah gairah para pengunjung dan yang paling penting dari rangkaian puncak tersebut adalah literasi dan inklusi keuangan, untuk menambah pengetahuan melalui acara yang menghadirkan beragam program workshop menarik untuk mengulik berbagai pengetahuan terkini.

Masih dari rangkaian dari peringatan HUT ke-34 FIFGROUP dan ini perlu untuk diapresiasi adalah keberaniannya mengedukasi masyarakat secara luas mengedukasi masyarakat tentang literasi keuangan. Bahkan FIFGROUP ini berani mengatakan bahwa edukasi ini sebuah bentuk komitmen yang harus secara konsisten dan simultan terus dilakukan di Indonesia secara inklusif.

Bahkan dalam mengedukasi literasi keuangan ini, pihak FIFGROUP memberikan porsi yang lebih kepada disabilitas. Hal ini dibuktikan dengan pemberian kemudahan akses kredit terhadap layanan pembiayaan bagi sahabat disabilitas, merangkul dan pemberian kesempatan bagi disabilitas untuk bekerja dan berkarya serta mengembangkan potensinya.

Yang pasti harapan yang ingin dicapai dalam edukasi literasi keuangan untuk disabilitas ini sebagai langkah awal dalam membangun kesadaran betapa pentingnya literasi keuangan untuk semua kalangan masyarakat tanpa adanya sekat apapun juga.

Masih dari serangkaian peringatan HUT ke-34 tahun, FIFGROUP tidak lupa memberikan yang spesial bagi masyarakat yang berkeinginan mewujudkan impiannya, yaitu promo spesial dari lima brand services FIFGROUP, yaitu FIFASTRA, SPEKTRA, DANASTRA, FINATRA, dan AMITRA.

FIFASTRA sebagai penyedia layanan pembiayaan sepeda motor Honda menghadirkan promo khusus hadiah spesial jaket exclusive untuk pembelian sepeda motor Honda tipe Scoopy dan PCX.

SPEKTRA yang melayani pembiayaan alat elektronik, gadget, dan perabot rumah tangga menghadirkan promo berupa pembelian produk impian dengan uang muka (down payment/DP) mulai dari nol rupiah dengan tambahan cashback AstraPay senilai Rp1,8 juta.

DANASTRA penyedia layanan pembiayaan multiguna menawarkan promo khusus berupa cashback AstraPay senilai Rp134 ribu dengan potongan angsuran sampai dengan Rp720 ribu. Selain itu, untuk setiap transaksi di DANASTRA, masyarakat akan mendapatkan satu paket motor care kit.

Pembiayaan produktif untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yakni FINATRA menawarkan promo potongan angsuran sampai dengan Rp6 juta dan hadiah souvenir spesial. Tidak tanggung-tanggung, seluruh pelaku UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya bisa mendapatkan akses pembiayaan senilai Rp25 juta hingga Rp250 juta.

Sedangkan AMITRA selaku brand service penyedia pembiayaan syariah ibadah haji, umrah, dan beli emas. AMITRA menawarkan promo khusus promo potongan angsuran sampai dengan Rp1,5 juta. AMITRA hadir sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin terlebih dahulu mendapatkan nomor antrian untuk menunaikan ibadah haji.

Selain itu, atas komitmen yang tinggi dalam upayanya memberikan solusi pembiayaan terpercaya untuk masyarakat, FIFGROUP di tahun 2023 ini tidak tanggung-tanggung telah dianugerahi penghargaan yang cukup prestisius pada gelaran SWA – Business Digest Award (SBBA) 2023, yaitu brand FIFASTRA, di dapuk sebagai pemenang Indonesia Most Reputable Companies 2023 kategori Multifinance dengan predikat Very Good dan brand SPEKTRA yaitu sebagai pemenang Indonesia Original Brand 2023 pada kategori Electronic Financing dengan predikat Excellent.

Selain itu, prestasi lain yang semakin meyakinkan bahwa FIFGROUP merupakan solusi pembiayaan terfavorite telah mendapatkan penghargaan lain dengan kategori Pembiayaan Otomotif Roda Dua, dari Customer Perception Survey SQ Index 2023. Yaitu Digital User Experience Award (DUEXA) dan Service Quality (SQ) Award.

Berdasarkan pantauan Radar Sukabumi, di tingkat lokal atau daerah sendiri kedekatan FIFGROUP dengan masyarakat khususnya di Sukabumi tampak dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78. FIFGROUP Cabang Sukabumi turut berpartisipasi dalam bentuk lomba seperti panjat pinang, cerdas cermat warga, cium gambar dan perlombaan anak anak yang diikuti oleh masyarakat di sekitar cabang.

Sebagai upaya edukasi kepada masyarakat agar tidak terjebak pada pembiyaan yang merugikan dan sekaligus mampu menjadi solusi pembiayaan, maka perlu diperhatikan beberapa hal. Yaitu harus mampu mengatur kembali pengeluaran bulanan, jika mengalami kendala dalam masalah pembiayaan hal yang perlu segera dilakukan oleh konsumen adalah konsultasi ke kreditur.

Jika memang sangat mendesak tidak ada salahnya jika meminta restrukturisasi. Upayakan untuk melunasi tunggakan, meski di lapangan ada kalanya konsumen memprioritaskan peluansan yang bunganya lebih besar serta yang paling penting adalah kita sebagai konsumen harus selektif dalam memilih lembaga pembiayaan yang mengerti akan kondisi finansial seperti FIFGROUP. (sri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *