Suka Pelihara Ikan Hias di Rumah, Ini 5 Hal yang Harus Dihindari

akuarium mampu menurunkan tekanan darah dan jantung
akuarium mampu menurunkan tekanan darah dan jantung (Foto Sumber: ruparupa)

MEMELIHARA ikan hias bisa mengurangi stres. Soalnya, suara air mengalir dan gerakan lembut ikan di akuarium mampu menurunkan tekanan darah dan jantung, sehingga memberikan efek relaksasi untuk tubuh kita. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu hindari bila memelihara ikan di rumah.

1. Hindari memberi makan terlalu banyak

Bacaan Lainnya

Ikan hias memiliki sistem pencernaan yang kecil, sehingga tidak mampu mencerna makanan dalam jumlah banyak. Nah, sisa makanan yang mengapung di akuarium bisa membusuk dan menyebarkan racun amonia. Akibatnya, ikan bisa cepat stres dan mati.

2. Hindari mengisi air dengan penuh

Terlalu banyak air di dalam akuarium akan membuat semakin banyak limbah yang dihasilkan. Jadinya, ikan tidak bisa bernapas karena ruang udara di permukaan air akan berkurang. Solusinya, pindahkan beberapa ikan atau tata ulang hiasan biar mereka bisa berenang dan bernapas dengan mudah.

3. Tidak memasang filter akuarium

Pastikan juga kamu memasang filter akuarium untuk menyaring sisa makanan dan kotoran. Tujuannya biar air tetap jernih. Namun, hindari filter yang arus airnya terlalu kuat karena bisa menyebabkan cedera pada ikan.

4. Hindari memakai ukuran akuarium terlalu kecil

Akuarium yang terlalu kecil bisa membatasi ruang gerak ikan saat berenang. Jadinya, pertumbuhan mereka akan terhambat. Oleh sebab itu, sesuaikan jenis akuarium dengan ikannya. Misal, pakai akuarium nano berukuran 10-20 liter untuk ikan cupang. Sedangkan ikan goldfish, cocok digunakan pada akuarium besar berukuran 200 liter.

5.   Hindari mengganti semua air saat membersihkan akuarium

Ketika membersihkan akuarium, hindari membuang semua airnya karena bisa membunuh bakteri sehat. Jadi, buanglah sekitar 20% air di akuarium untuk menjaga suhu dan keseimbangan pH agar ikan tidak sakit. Yuk, pastikan kamu mengetahui beberapa hal di atas dalam memelihara ikan hias!

Nah, kamu bisa belanja semua kebutuhan pompa aquarium buat memelihara ikan tersebut hanya di toko online resmi ACE melalui ruparupa. Di sini, kamu juga bisa menemukan aneka peralatan rumah tangga dan kebersihan terbaik.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *